PENERAPAN MODEL INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA-1 PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI SMA NEGERI UNGGUL PIDIE JAYA

Ratnawati Ratnawati

Abstract


Model pembelajaran inkuiri adalah model pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpikir secara analisis untuk mencari dan menyelesaikan suatu masalah sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X MIPA-1 pada materi Momentum dan Impuls melalui penerapan model Inquiri. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA-1 yang berjumlah 20 orang. Lokasi penelitian yaitu SMA Negeri Unggul Pidie Jaya. Teknik pengumpulan data yaitu melalui tes dan non tes. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhir siklus 1 siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 44,44% (8 siswa) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 55,55 % (12 siswa) sedangkan pada siklus 2 sebanyak 94,44 % (17 siswa) dan 3 siswa (5,55 %) yang belum mencapai ketuntasan belajar. Sehingga didapatkan peningkatan nilai hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Inquiri pada materi Momentum dan Impuls sebesar 191, 05 %.

Keywords


Model pembelajaran Inquiri, Hasil belajar siswa, Momentum dan Impuls

Full Text:

PDF

References


Shaleh, A. R. & Muhbib Abdul Wahab. (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana Alquran nurkarim.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta.

Syamsu, Basri. (2000). Teaching Speaking.Jakarta. Rineka Cipta.

Boediono. (2001). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Kamisa. (1997). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika

Marimba. (1978). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Aksara Baru

Mulyasa. (2014) Model-model Inovatif Berorientasi Konstruksiviktif. Jakarta. Pustaka Prestasi Publisher.

Muslimin. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Unesa

Nurhadi. (2004). Pembelajaran Konstektual dalam Penerapannya dalam KBK. Malang. Penerbit: Universitas Negeri Malang

Noornia. (1997). Teori-teori Belajar. Jakarta. Erlangga

Istarani. (2015). Ensiklopedia Pendidikan Jilid I. Medan. Larispa.

Lie, A. (2002). Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di ruang-ruang kelas. Jakarta. Grasindo Widiasarana Indonesia.

Sadi, dkk. (2014). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMA Kelas X Berdasarkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar 2013. Jakarta. Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i2.13861

Article Metrics

 Abstract Views : 49 times
 PDF Downloaded : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ratnawati Ratnawati

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter