PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X DI SMA NEGERI 1 KUTA BLANG

Asmaya Asmaya, Faradhillah Faradhillah, Syafrizal Syafrizal, Nanda Novita, Syarifah Rita Zahara

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi kelas X di SMA Negeri 1 Kuta Blang. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis quasi eksperimen design. Bentuk desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan data dilakukan di kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari lembar observasi awal, soal tes, dan lembar Angket. Data penelitian ini diolah menggunakan perangkat lunak SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test yang diperoleh kelas eksperimen 72,5 dan kelas kontrol 61,5. Pada uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan data uji independent sample t test diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,016 < 0,05 maka   ditolak dan   diterima, hal ini dikarenakan nilai signifikan lebih besar 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CLIS terhadap hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi kelas X di SMA Negeri 1 Kuta Blang.

Keywords


CLIS (Children Learning In Science), Hasil Belajar, Usaha dan Energi

Full Text:

PDF

References


Asih, Fihrin, & Kendek, Y. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 20.

Ismail, A. (2015). Penerapan Model Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Komunikasi, 19-25.

Karsini, N. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 324-331.

Laili, Y. N., Mahardika, I. K., & Abdul Ghani, A. (September 2015). Pengaruh Model Children Learning In Science (CLIS) Disertai LKS Berbasis Multirepresentasi Terhadap Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika Di SMA Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 171-175.

Nur Hidayah, P. (2017). Pengaruh Penggunaan Children Learning In Science (CLIS) terhadap keaktifan dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI Semester II SMA Negeri 1 Mlati. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah asar. Jakarta: PT. Indeks.

Sudjana, N. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarwo. (2013). Pendidikan Di Indonesia Sangat Memprihatikan. Jurnal Ilmiah WUNY, 1-6.

Sulistiani, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Fluida Dinamis, Penelitian Kuasi Eksperimen di SMA Swasta di Kota Jakarta Selatan Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Zahara, S. A. (2018). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Relativitas , 29-34.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i2.12341

Article Metrics

 Abstract Views : 89 times
 PDF Downloaded : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Asmaya Asmaya, Faradhillah Faradhillah, Syafrizal Syafrizal, Nanda Novita, Syarifah Rita Zahara

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter