PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATIC (STEM) PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI MTsN 7 ACEH UTARA

Nara Nafikah, Nanda Novita, Syafrizal Syafrizal, Syarifah Rita Zahara, Deassy Siska

Abstract


Tujuan  dari  penelitian  pengembangan  Lembar  Kerja  Siswa  (LKS)  berbasis STEM ini untuk mengetahui validitas dan kelayakan produk, serta untuk melihat respon siswa terhadap LKS tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D)  dengan  model  4-D  (Define,  Design,  Development,  Disseminate). Subjek penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas VIII MTsN 7 Aceh  Utara. Hasil  yang diperoleh  validasi  LKS  yang  telah  dikembangkan  dari  validator  ahli  materi  dengan persentase 83,07% dan hasil validator ahli media dengan persentase76,69% berkategori "valid”, kelayakan LKS yang telah dikembangkan “layak” dengan persentase 78,70%, serta hasil  respon  siswa “sangat baik” dengan nilai yang diperoleh pada tahap uji coba produk 76,74% dan uji coba pemakaian 87,68%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis STEM pada materi usaha dan energi yang telah dikembangkan valid dan layak digunakan.


Keywords


LKSBerbasisSTEM, Usaha danEnergi, Research and Development,4-D

Full Text:

PDF

References


Aldilla, C., Abdurrahman, dan Sesunan, F. (2017). Pengembangan LKS Berbasis STEM Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4).

Ardian Asyhari1, Helda Silvia. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 05 (1).1-13.

Benedikta Ango. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Berdasarkan Standar Isi Untuk SMA Kelas X Semester Gasal.

Caesar Ever Anggriawan. (2016). Pembuatan Buku Saku Proses Perlakuan Panas

Untuk Siswa SMK Jurusan Pengecoran Logam Di SMK N 2 Klaten. 50-62.

Cut Awwali Rahmatina. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Di SMA/MA.

Inayatul Fithriyah dan Abdur Rahman As‟ari. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran

Buku Saku Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Untuk Jenjang SMP .

Maya Anita Sari. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbasis Mind Mapping Materi Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Kelas IV SDN Tambakaji 02 .

Rachmat Waluyo. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Terintegrasi Keterampilan Abad 21 dan Muatan Karakter.

Rifqah Humairah Amir. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Dalam Pembelajaran IPA Konsep Sumber Energi Pada Siswa Kelas IV SD Pertiwi Makassar .

Rina Safitri. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis STEM (Sains, Technology, Engineering, Mathematics) Pada Materi Hukum Gravitasi Newton dan Usaha Energi Kelas X SMA/MA.

Septi Purwati. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Dasar Berbasis Science

Technology Engineering and Mathematics (STEM) Materi Kelistrikan .

Shinta Primesstianissa.(2016). Pengembangan Buku Saku Ekonomi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Banguntap.

Ulva Kurnia Fitri. (2020). Implementasi Pendekatan Science Technology Engineering And Mathematics (STEM) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Kalor dan Perpindahannya Di SMP Negeri 6 Seulimeum.

Wanda Dwi Novita. (2017). Pengembangan Media Buku Saku Pada Pembelajaran IPA Di

Kelas V SD Negeri Glonggong Pati.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i2.12271

Article Metrics

 Abstract Views : 89 times
 PDF Downloaded : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nara Nafikah, Nanda Novita, Syafrizal Syafrizal, Syarifah Rita Zahara, Deassy Siska

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter