PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI KINETIKA KIMIA
DOI:
https://doi.org/10.29103/relativitas.v1i1.1197Abstract
Penelitian yang berjudul Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Kinetika Kimia ini mengangkat masalah apakah dengan penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada materi kinetika kimia. Penelitian dilakukan di FKIP Universitas Malikussaleh. Penelitian ini dilaksanakan pada 5-28 Febuari 2018. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia semester II tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 4 laki-laki dan 18 perempuan. Untuk mengetahui aktivitas mahasiswa, dilakukan observasi dengan menggunakan lembar pengamatan. Dari hasil pengamatan diketahui aktivitas mahasiswa mengalami perubahan menjadi lebih baik dari siklus I ke siklus II. Disamping itu, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan model CTL, diberikan tes tulis dan diperoleh bahwa hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase hasil belajar pada pertemuan pertama sebesar 56,67% menjadi 70,00% pada pertemuan kedua. Setelah siklus II dilaksanakan, persentase hasil belajar lebih meningkat dari76,00% menjadi 91,67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada materi kinetika kimia.
Kata Kunci: model pembelajran, CTL, hasil belajar
References
Dwipurwani, Oki, Maiyanti, Sri Indra, Desiani, Anita dan Suryati, Sari. 2012, Jurnal Penelitian Sains. Vol, 15, No, 1 (A) 15101. hal.47.
Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjendikdasmen.
Nurhadi dan Senduk. 2003. Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Malang Press.
Purwanto. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Soedjiono, Anas. 2001. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).