PENINGKATAN KREATIVITAS MAHASISWA PADA PENGGUNAAN ALAT PRAKTIKUM SEDERHANA FISIKA DASAR 1 DI FKIP UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

Nuraini Fatmi

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui : Peningkatan kreativitas pada penggunaan alat praktikum fisika dasar 1, Respon mahasiswa saat penggunaan alat praktikum fisika dasar satu. Data penelitian diperoleh dari lembar observasi, tes soal uraian, angket dan dokumentasi, yakni menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif dengan rumus persentase. Hasil penelitian didapatkan bahwa: Data hasil observasi kreativitas mahasiswa menunjukkan kreativitas mahasiswa pada siklus I mencapai kategori tingggi pada kemampuan berpikir lancar (fluency) 71,43% , pada rasa ingin tahu 71,43%. Sedangkan pada siklus II meningkat pada katagori tinggi adalah kemampuan berpikir lancar(fluency) 81,25%, rasa ingin tahu 81,25%, berani mengambil resiko 87,50% . Hasil tes kreativitas mahasiswa mengalami peningkatan melalui perolehan rata- rata 56,45 di siklus I mengalami peningkatan 8,33 kemudian 63,96 di siklus II mengalami peningkatan 10,63. Data hasil angket respon mahasiswa menunjukkan respon mahasiswa pada siklus I mencapai kategori baik dengan persentase tertinggi 93,42%.

 

Kata kunci : Kreativitas, alat praktikum

 


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Conny Semiawan, dkk . (1987). Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: PT. Gramedia.

Erman Suherman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematikan, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universita Pendidikan Indonesia.

Hamzah B. Uno. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suharsimi Arikunto dkk. (2010). PenelitianTindakanKelas. Jakarta: BumiAksara.

Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: KencanaPrenada Media Group.

Zainal Mutaqqien. (2016). Pengertian dan Hakekat Pembelajaran. http://elmuttaqie.wordpress.com/2016/07/18/pengertian-dan-hakekat-pembelajaran/ - 13k. Diakses tanggal 18 Juli 2016.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v1i1.1196

Article Metrics

 Abstract Views : 327 times
 PDF Downloaded : 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nuraini Fatmi

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter