PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PELATIHAN BERBASIS METODE PRAKTIKUM
DOI:
https://doi.org/10.29103/relativitas.v1i1.1194Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pelatihan berbasis metode praktikum di SMAN 1 Meulaboh T. P 2016/ 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen, dan desain penelitian adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Meulaboh yang terdiri dari enam kelas setiap kelas berjumlah 40 siswa, dan kelompok sampel ditentukan dengan teknik random sampling sehingga diperoleh dua kelas yang menjadi sampel penelitian. Instrumen yang digunakan adalah tes bentuk pilihan berganda yang telah ditentukan validitas dan reliabilitasnya sebanyak 20 soal.Kemudian pada sampel diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model pelatihan berbasis metode praktikum dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Pada awal pembelajaran siswa diberikan pretes dengan hasil rata - rata kelas eksperimen 28,4 dan kelas kontrol 27,8. Setelah pembelajaran selesai diperoleh postes dengan hasil rata - rata kelas eksperimen 81,5 dan kelas kontrol 69,1. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan model pelatihan berbasis metode praktikum dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional selama kegiatan belajar mengajar di SMAN 1 Meulaboh T.P 2016 / 2017
Kata Kunci: model pelatihan, metode praktikum.
References
Halimah, S. 2012. Strategi Pembelajaran. Penerbit Cita Pustaka Meida Perintis. Jakarta.
Kurnianto, P. 2010. Pengembanagan Kemampuan Mengumpulkan dan Mengkomunikasikan Konsep Fisika Melalui Kegiatan Praktikum Fisika Sederhana, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 3(6). Hal. 57.
Novita, A. 2013. Pengaruh Pemakaian Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Laju Reaksi, Jurnal Matematika dan Sains. 3(1). Hal.30.
Sumintono, B. 2010. Pengajaran Sains Dengan Praktikum Laboratorium: Perspektif Dari Guru - Guru Sains Di SMPN Di Kota Cimahi, Jurnal Pengajaran MIPA. 2(15). Hal. 121.
Wibowo, W. 2009. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester I Pada Pokok Bahasan Cahaya Dengan Model Pelatihan Berbasis Kegiatan Praktikum Dan Pengajaran Konvensional Di SMP Negeri 38 Medan T. P. 2009/2010. Skripsi. FMIPA UNIMED. Medan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).