MAGNETIC SOUND POWER SEBAGAI MEDIA AJAR UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN MAGNET

Elza Imelda Pratiwi, Fifi Febriani Rachmawati, Muhammad Suwignyo Prayogo

Abstract


Pembelajaran di MI se derajat saat ini harus lebih ditekankan tidak hanya pada aspek pengetahuan, tetapi juga untuk keterampilan dan kreativitas siswa. Materi pelajaran merupakan salah satu materi magnet yang diajarkan pada siswa MI Sederajat. Model pembelajaran yang hanya menggunakan media pembelajaran magnet siswa cenderung hanya mengenal konsep magnet tanpa mengetahui penerapan magnet saat ini. Jika kutub magnet disandingkan maka kutub yang sama akan saling tolak menolak. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka atau literature review. Dengan memanfaatkan sifat magnet ini kita dapat membuat sebuah media pembelajaran untuk menggerakkan dinamo yang dapat menghasilkan listrik. Di sini media yang diambil yakni loudspeaker. Karena pada loudspeaker tersebut dapat kita ketahui memiliki Medan magnet. Fungsi magnet pada loudspeaker yaitu merubah suatu energi listrik menjadi sebuah energi bunyi. Penyebab muncul bunyi pada speaker yaitu terdapat sebuah getaran yang terjadi karena adanya suatu reaksi pada Medan magnet di speaker. di dalam membran speaker ada kumparan ataupun suatu lilitan kawat tembaga yang memiliki bentuk silinder, Dimana cincin pada kumparan tersebut berada di tengah-tengah lubang magnet permanen di speaker.


Keywords


Pembelajaran MI, Media Pembelajaran, Medan Magnet, Speaker

Full Text:

PDF

References


Annas, M. A. (2017). Studi Electro-Mechano-Acoustic untuk Mengetahui Karakteristik Loudspeaker Woofer (Doctoral dissertation, Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Elim, H. I. Interaksi dan Implementasi Terintegrasi dari Pendidikan, Profesi Keguruan dan Keilmuan Sains dalam Pemahaman Belajar Siswa SMP: Apa Pengertian Listrik dan Magnet.

Gunaryo Setyo Nugroho, dkk. Magnet, Modul Pembelajaran Madrasah Tsanawiyah: 2020

Natriya Faisal Rachman, dkk. Pemahaman Magnetik Pada Pelajaran Tematik di Sekolah,Dasar. Nuru’aini, Lalu A. Didik, Bahtiar, Analisis Miskonsepsi Tentang Kemagnetan Pada Siswa MTS Islahul Muslimin Senteluk Kelas IX Tahun Ajaran 2018/2019 Universitas Islam Negri Mataram. Jurnal riset inovasi pembelajaran fisika April 2020 .Vol . 2, No2

Nisa UI Istiqomah, dkk, Pengaruh Medan Magnet Terhadap Kemudahan Intensitas Cahaya Melewati Medium Air. Unitirta. ac.id:Gravity Vol.3 No 2, 2017

Novia Ariyani, Hendar Sudrajat, Zulirfan, Rudi Sisyanto, Hernelis R. The Development Of Circular Wire Magnetic Inducion Experiment Device As Phisics Learning Media, Universitas Riau: Jurnal Geliga Sains,2019.

Nur Sofi Hidayah, Sudarti, Sri Handono Budi Prastowo, Analisis Penguasaan Konsep Medan Magnet Di Sekitar Kawat Berarus Pada Siswa Kelas XII SMA Di Kabupaten Jember, Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2017

Prastowo, E. (2019) "Penggunaan Media Magnetik Sound Power untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Magnet" Jurnal Pembelajaran Fisika 61 (1). 50-54.

Pratiwi, R., & Sumardjo. 2019) "Penggunaan Media Ajar Interaktif Berbasis Magnetik Sound Power untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Materi Magnet" Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi , 124 (5), 89-92.

Rahayu, S. E., & Wahyuni, I. (2020 ) "Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media Magnetik Sound Power dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Materi Magnet" Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan , 66(3). 29-31.

Rumbayan, R. (2015). Non-Destructive Evaluation Techologies for Concrete Bridge Inspections. Jurnal Teknika, 15(2), 35-46.

Setiawan, A., & Husna, N. (2018 ) "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Media Magnetik Sound Power untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa pada Materi Magnet" Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika , 49 (2), 76-79.

Triswantoro Putrol, Endarko. Pengaruh Besar Medan Magnet. Jurnal Integrasi,vol 66.Batam:2016

Wulan, R., & Utomo, H. P. (2020) "Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Media Magnetik Sound Power untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VIII pada Materi Magnet" Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 101(3). 54-57.

Mynewmicrophone.com (06/02/2018). APA Style. Reference list: Why And How Do Speakers Use Magnets & Electromagnetism? (web publications). Retrieved 16 April, 2019, from https://mynewmicrophone.com/why-and-how-do-speakers-use-magnetselectromagnetism/

Stanforo Magnets, (12/06/2017) APA Style. Reference list: Magnets in Speakers (web publications). Retrieved 11 September, 2014, from https://www.stanfordmagnets.com/magnets-in-speakers.html

Muhamad Azwar Annas, (2017), Studi Electro-Mechano-Acoustic Untuk Mengetahui Karakteristik Loudspeaker Woofer, Departemen Fisika. Surabaya, (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v6i1.11523

Article Metrics

 Abstract Views : 272 times
 PDF Downloaded : 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Elza Imelda Pratiwi, Fifi Febriani Rachmawati, Muhammad Suwignyo Prayoga

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter