PENGARUH PROMOSI PENJUALAN (SALES PROMOTION) DAN BELANJA HEDONIS (HEDONIC SHOPPING) TERHADAP IMPULSE BUYING SECARA ONLINE

Sakdiah Diah, Cut Sukmawati

Abstract

This study aims to see how the influence of sales promotion and hedonic shopping on impulse buying online on Shopee consumers, Fisip students, Malikussaleh University. This study uses descriptive quantitative research using proportional stratified random sampling obtained 100 respondents as research samples. Data was collected by survey method. Analysis of the data used in this study using multiple linear regression with the help of the SPSS 25.0 software program. The results of the study indicate that the sales promotion variable partially has no positive and significant effect on impulse buying with a significance value of 0.859 > 0.05. However, the hedonic shopping variable has a positive and significant effect with a significance value of 0.000 < 0.05. Meanwhile, simultaneously sales promotion and hedonic shopping have a positive and significant effect on impulse buying with a calculated F value greater than F table (56.766 > 3.09) with a significance level of (0.000 < 0.05).

Keywords

Sales Promotion, Hedonic Shopping, Impulse Buying

Full Text:

PDF

References

Asosiasi Jasa Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2021, Oktober 20). APJII. Diambil kembali dari Pertumbuhan Pengguna Internet: https://apjii.or.id

Databoks. (2021, Oktober 20). Diambil kembali dari https://databoks.katadata.co.id

Fajrian, M. F. (2017). Pengaruh Promosi Penjualan, Atmosfer Toko, dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif.

Fatonah, S. (2009). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Store Attribute terhadap Shopper Loyalty. Jurnal Siasat Bisnis Vol. 13, No. 03.

Fernanda, M. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan, Daya Tarik Iklan Inernet, dan Kualitas Website terhadap Pembelian Impulsif.

Fitriyani, Y. (2008). Persepsi Konsumen Terhadap Kegiatan Promosi Penjualan. Persepsi Konsumen Terhadap Kegiatan Promosi Penjualan, Yunita Fitriyani, FISIP UI,2008.

Huriyyati, R. (2015). Baura Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Kosyu, D. A., Hidayat, K., & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 14 No. 2 September 2014|.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Management Makerting. Dalam B. Sabran, Manajemen Pemasaran Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kumparan TECH. (2019, Januari 7). Diambil kembali dari Shopee Raih Peringkat Pertama E-commerce Terpopuler: https://m.kumparan.com/kumparantech/shopee-raih-peringkat-pertama-e-commerce-terpopuler-1546822929521844417

Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Mulyana, A. E., & N.I, A. P. (2020). Pengaruh Promosi, Atmosfer Toko, dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Ritel Modern di Kota Batam. Journal of Appied Business Administration, 1-5.

Mulyono, F. (2012). Faktor Demografis Dalam Perilaku Pembelian Impulsif. Jurnal Administrasi Bisnis (2012), Vol.8, No.1: hal. 88-105.

Nadhifa, A. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen .

Nazaruddin, Nirzalin, candrasari, R., suadi, bakar, M. b., anismar, . . . Yunanda, R. (2021). Panduan Penulisan Skripsi Dan Tesis Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Unimal Press.

Novaldi, M. R. (2016). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Hedonic Shopping Terhadap Impulse Buying Pada Carrefour Cbd Ciledug. Skripsi Rico Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta.

Nurmasarie, R., & Iriani, S. S. (2013). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Penjualan Perseorangan Terhadap Keputusan Belanja Tidak Terencana. Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 1 Nomor 2 Maret 2013.

Sari, P. I. (2020). Pengaruh Iklan, Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, Fisip Unimal.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2013). Teori, Kuisioner & Analisis Data untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Widayani, S. D. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Pada E-Commerce Shopee Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Mediasi. Skripsi.

Wulandari, A. (2021, November 1). Kian Sengit, Siapa yang Unggul di Persaingan E-commerce Indonesia 2021? Diambil kembali dari OKEZONEcom: https://economy.okezone.com/read/2021/11/01/11/2494702/kian-sengit-siapa-yang-unggul-di-persaingan-e-commerce-indonesia-2021

Zahara, R. (2019). Pengaruh Sales Promotion terhadap Impulse Buying.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.