PENGARUH IKLAN, KUALITAS PRODUK, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN YAKULT DI KOTA LHOKSEUMAWE (Studi Konsumen Yakult Pada Mahasiswa Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah)

Puspa Indah Sari, Sufi Sufi

Abstract

This study aims to look the effect of advertising, product quality, price and brand image on purchasing decisions of yakult drinks for students at Malikussaleh University, Bukit Indah Campus. This research is a survey research. The population in this study were students of Malikussaleh University, Bukit Indah Campus, and the sample in this study were active students of the Business Administration study program at Malikussaleh University using the Slovin formula, which is a sampling technique that uses a critical value or accuracy limit of 0.1, so that the sample is obtained in This study amounted to 55 respondents from a total population of 120 students. The questionnaire test consisted of validity testing using the Product Moment method and reliability testing using the Cronbach's Alpha method. This study uses multiple regression analysis techniques with hypothesis testing using the SPSS 25 program. The results of this study indicate that advertising, product quality, price and brand image have an effect on purchasing decisions for yakult drinks at Malikussaleh University students, Bukit Indah Campus.

Keywords

Purchase Decision, Advertising, Product Quality, Price and Brand Image

Full Text:

PDF

References

Budiono. 2012. EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Jakarta :Bintang Indonesia.

Chairunnisa. 2020. “Pengaruh Earning dan Cash Flow Operation Terhadap Arus Kas Masa Depan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Consumer Goods yang Terhadap di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018”. Universitas Malikussaleh: Skripsi

Dewi, Hartono dan Istiqamah. “Pengaruh Iklan, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Probiotik MerekYakult (Studi Kasus Pada Konsumen Yakult di Kampung Botokan Pajang Laweyan Surakarta)”, Jurnal Fakultas Ekonomi Manajemen, UNIBA, Surakarta 2016.

Hariadi, Doni, “Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Projector Microvision”, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 1 Nomor 1, Januari 2013, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya, 2013.

Hayatun. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Bimoli di Kota Lhokseumawe” Univeritas Malikussaleh: Skripsi

Ikhsan, A. 2018. Metode Penelitian Bisnis, Medan: Madenatera.

Ispidayani. 2020. ”Analisis Perbedaan Komitmen Profesional dan Sosialisasi Antisipatif Mahasiswa Bidikmisi dan Non-Bidikmisi Pada Hubungan dengan Whistleblowing” Universitas Malikussaleh: Skripsi

Khoiriyah 2015. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rumah Tangga Merek Tupperware di Pekanbaru http://diglib.unila.ac.id (diakses pada 10 agustus 2019 pukul 11.15 WIB)

Komang Agus Ardi Ary Wibawa, I Ketut Kirya, dan I Wayan Suwendra, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Iklan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Xeon Di Singaraja”, Jurnal, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, 2016.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi ke-13,Jilid I. Terjemahan : Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Luffi Sidrotul Muntaha, Handoko Djoko, dan Reni Shinta Dewi,”Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi Lux Cair (Studi kasus pada konsumen/pengguna sabun mandi Lux cair di swalayan Gelael Mall Ciputra Semarang)”,Jurnal, Universitas Diponegoro Semarang, 2014.

Radhiah dan Syahriandi. 2015. Bahasa Indonesia (Materi MKU untuk Mahasiswa). Aceh Utara.

Sugiyono. 2003. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&d. Bandung: Alfabeta.

Susu fermentasi bermerek dalam kemasan diakses pada Mei 2018 pukul 03.30 WIB).

Wirawan, Wayan. 2013.“Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Pengguna Helm Merek INK)” Universitas Negeri Yogyakarta: Skripsi

Zulfikar 2011. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mountea (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin) http://repository.unhas.ac.id (diakses pada 24 Agutus 2019, pukul 14.00 WIB).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.