IMPLEMENTASI GERAKAN LITRASI SEKOLAH BERKARAKTER ISLAMI BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Syamsuddin Syamsuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program literasi berkarakter islami berbasis kearifan local di kelas I (satu) Negeri 14 Meurah Mulia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan peneliti sebagai human instrument. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data,display data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu sebagai berikut: Tujuan program literasi adalah mengembangkan kebiasaan membaca dan menulis sinergi dengan kemampuan meningkatkan kemampuan agama/islami.

Keywords

Gerakan literasi, karakter Islami, kearifan lokal.

Full Text:

PDF

References

Faizah, D.U, dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Konstruk Kompetensi Literasi untuk Siswa Sekolah Dasar. Vol 15, No.1.

Rohman, A. (2009). Memahami Pendidikan: Ilmu Pendidikan. Yogyakarta.

Kalida, M &Mursyid, M. (2015). Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Yogyakarta.

Permendikbud No.23 Tahun 2015 tentang Gerakan Literasi Sekolah.

Sugiyono (2010) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.