IDENTIFIKASI COST BENEFIT ANGKUTAN KAPAL LAUT

Cut Sukmawati

Abstract

transportasi merupakan pergerak tingkah laku orang dalam ruang baik dalam membawa dirinya sendiri maupun membawa barang-barang. Angkutan air berguna untuk transportasi barang yang bersifat bulky yang berupa bahan-bahan mentah dan barang-barang setengah jadi. Keuntungan yang terutama dari pemakaian transport melalui air pada keadaan lokasi wilayah yang menguntungkan adalah dari segi pertimbangan ekonomis. Jika jumlah muatan yang dingkut adalah besar dan angkutan dilakukan melalui jarak yang jauh dibandingkan dengan angkutan dari dan ke jalan air (waterways), maka pada umumnya ongkos angkutnya adalah relative rendah. Dalam kegiatan pengoperasian kapal (angkutan laut) selain melakukan perhitungan terhadap biaya-biaya internal (biaya variabel dan tetap) untuk mendapatkan nilai ekonomis biaya yang dikeluarkan (payload) suatu perusahaan transportasi laut, ada biaya-biaya lain yaitu biaya eksternal yang seringkali menimbulkan kerugian besar bagi masyarakat (social cost), seperti timbulnya dampak lingkungan akibat kegiatan transportasi laut tersebut yang seringkali dilupakan (biaya yang tidak dihitung).

Keywords

transportasi, muatan, jarak, masyarakat, biaya, lingkungan

References

Button, Kenneth J., 1993, Transport Economic, Edwar Elgar Publishing Limited, USA

Kamaluddin, H. Rustian, 2003, Ekonomi Transportasi, Karakteristik, Teori dan Kebijakan, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Kadir, Abdul, 2006, Transportasi: peran dan dampaknya dalam pertumbuhan ekonomi nasional, Jurnal Perencanaan & Pengembangan

wilayah Wahana Hijau Vol.1 No.3.

Matondang, A. Rahim Prof. Dr. Ir. MSIE, 2015, Ekonomi Transportasi, bahan kuliah Program Doktor (S3) Perencanaan Wilayah (PW) Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara.

Nasution, H. M.N., 1996, Manajemen Transportasi, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Rifusa, Agus Imam, 2010, Analisis Faktor-Faktor Permintaan Transportasi Busway.

Z. Tamin. Ofyar, http//www.lontar.ui.ac.id_file-ile_digital132635_27840,

diunduh tanggal 1 Mei 2015

, Perencanaan dan Permodelan Transportasi, Bandung: Jurusan Tekhnik Sipil ITB

Refbacks

  • There are currently no refbacks.