ANALISIS KAPASITAS SALURAN DRAINASE TERHADAP DEBIT MAKSIMUM DI KOTA LHOKSEUMAWE DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE SWMM 5.1

Azuwir Husaini, Fasdarsyah Fasdarsyah, Mirza Fahmi, Rinaldi Mirsa, Abdul Jalil

Abstract


Kota Lhokseumawe memiliki Topografi yang rendah. Khususnya daerah Jalan Perdagangan dan Jalan Sukaramai. Masing-masing Drainase memiliki hulu yang berasal dari Jalan Merdeka yang merupakan titik topografi tertinggi. Dan hilirnya yaitu menuju Waduk Pusong. Drainase diantara Jalan Perdagangan dan jalan Sukaramai memiliki titik topografi yang tinggi yaitu Jalan Perniagaan yang menyebabkan kurang berfungsinya saluran drainase tersebut. Adapun untuk mengetahui debit banjir pada hujan rencana selama 2 tahun dengan dilakukan analisis hidrologi menggunakan Metode Rasional dan simulasi banjir menggunakan aplikasi SWMM 5.1. Berdasarkan dari metode-metode tersebut didapatkan bahwa banjir yang terjadi di Jalan Perdagangan Dan Jalan Sukaramai diakibatkan oleh sedimentasi yang tinggi dan perubahan elevasi yang berada dijalan tersebut.

Full Text:

PDF

References


Augusta, Nico. 2017. Evaluasi Saluran Drainase Dengan Menggunakan Program Swmm 5.1 Di Perumahan Villa Ratu Endah, Bogor, Jawa Barat. Bogor.

Chow, V.T, 1997. Hidrolika Saluran Terbuka, terjemah Nensi Rosaliona, Erlangga: Jakarta.

Dewi, 2013. Evaluasi Saluran Drainase Di Perumahan Alam Sinar Sari Kabupaten Bogor.

Fairizi, Dimitri. 2015. Analisis Dan Evaluasi Saluran Drainase Pada Kawasan Perumnas Talang Kelapa Di Subdas Lambidaro Kota Palembang. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Sriwijaya.

Hikmatullah, Fajar Ramadani. 2016. Evaluasi Saluran Drainase dengan Model EPA SWMM 5.1 di Komplek IPB Sindang Barang II, Bogor, Jawa Barat. Bogor.

Johari. 2010. Evaluasi Kapasitas Sistem Drainase Kota Lhokseumawe (Studi Kasus Sub Sistem Blok II). Skripsi Sarjana Universitas Malikussaleh. Aceh.

Kamiana, I Made. 2011. Teknik Perhitungan Debit Rencana Bangunan Air. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pania, 2013. Perencanaan Sistem Drainase Kawasan Kampus Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Sipil Statik Vol.1 No.3, Februari 2013 (164-170).

Pramuji. 2013. Perencanaan Dan Studi Pengaruh Sistem Drainase Marvell City Terhadap Saluran Kalibokor Di Kawasan Ngagel Surabaya Selatan.

Setiawan, 2014. Penerapan Zero Runoff System (ZROS) dan Efektivitas Penurunan Limpasan Permukaan pada Lahan Miring di DAS Cidanau, Banten. Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Suripin. 2004. Drainase Perkotaan Yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Andi Offset Triatmojo,1993, Hidraulika I,Beta Ofset, Yogyakarta

Wesli. 2008. Drainase Perkotaan. Yogyakarta. Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.29103/mjmst.v6i2.8339

Article Metrics

 Abstract Views : 240 times
 PDF Downloaded : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Azuwir Husaini, Fasdarsyah Fasdarsyah, Mirza Fahmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.