ANALISA TEGANGAN SISA PADA MATERIAL LAS SMAW MENGGUNAKAN ELEKTRODA TEREKSPOS DAN TIDAK TEREKSPOS

AlJufri Aljufri, Aditya Kamanurandi, Abubakar Dabet, Alchalil Alchalil, Zulfahmi Z

Abstract


Penelitian tentang pengaruh tegangan sisa dan sifat mekanik material las SMAW ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tegangan sisa pada proses pengelasan menggunakan elektroda terekspos dan tidak terekspos.  Material yang digunakan Baja AISI 1045 dengan pengelasan SMAW. Elektroda yang digunakan tipe AWS E7016 Ø2,6 mm dalam keadaan terekspos dengan udara luar selama 7×24 jam dan elektroda tidak terekspos dengan udara luar. Tipe kampuh yang digunakan V tunggal dengan α 70˚ serta kuat arus 90 amper. Spesimen yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 14 spesimen, keseluruhan spesimen diuji dengan pengujian tarik, untuk mendapatkan sifat mekanik dari keseluruhan dari spesimen baik yang menggunajkan elektroda terekspos dan tidak terekspos. Dari hasil pengujian pengelasan menggunakan elektroda terekspos  nilai tegangan tarik yang didapat rata-rata 320,84 MPa, nilai rata-rata regangan 0,027, dan nilai rata-rata modulus elastisitas adalah 11.545,32 MPa. Pada elektroda tidak terekspos didapat nilai tegangan tarik 340,43 MPa, nilai rata-rata regangan 0,038, dan nilai rata-rata modulus elastisitas adalah 8.870,92 MPa. Dari data hasil pengujian tarik maka dapat diketahui nilai rata-rata tegangan sisa pada elektroda terekspos yaitu sebesar 23,411 MPa, dan nilai rata-rata tegangan sisa pada elektroda tidak terekspos adalah 16,327 MPa sehingga pengelasan yang menggunakan elektroda tidak terekspos memiliki sifat lebih ulet dibandingkan dengan elektroda terekspos memiliki sifat lebih kaku (getas).


Full Text:

PDF PDF

References


Aljufri. (2017). Pengaruh Pemakaian Elektroda Terekspos Dan Tidak Terekspos Terhadap Kualitas Lasan Pada Material A53 Gr.A. Seminar Nasional Sains dan Teknologi UMJ.

Amrullah, M. (2020). Analisa Pengaruh Tegangan Sisa Pengelasan Terhadap Kekuatan Rangka Tubular. Makassar: Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Asmadi., Ilmi, B. (2016). Pengaruh Elektroda Terhadap Tegangan sisa dan Sifat Mekanik pada Pengelasan Baja. Teknika, Vol.3 No.2.

Futichah., Mulich, R. (2007). Korelasi Antara arus Pengelasan Dengan Tegangan Sisa Pada Sambungan LasTutup-Kelongsong Elemen Bakar Nuklr Zircaloy-2. J.Tek.Bhn.Nukl, Vol 3 No1.

Wiryosumarto, Harsono dan Okumura, T. 1996. Teknologi pengelasan Logam. Jakarta: pradnya paramita.




DOI: https://doi.org/10.29103/mjmst.v6i1.7105

Article Metrics

 Abstract Views : 144 times
 PDF Downloaded : 13 times  PDF Downloaded : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AlJufri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.