Pengaruh Geometrik Jalan Raya Terhadap Pengurangan Rasio Kecelakaan Lalu Lintas

Authors

  • Teuku Mudi Hafli Universitas Malikussaleh
  • Lis Ayu widari Universitas Malikussaleh
  • Mira Anjani Universitas Malikussaleh
  • Mirza Fahmi

DOI:

https://doi.org/10.29103/mjmst.v5i2.6488

Abstract

Ruas jalan Bts. Nagan Raya / Abdya - Blangpidie adalah ruas jalan penghubung kota Nagan Raya dengan Aceh Barat Daya. Pada ruas jalan tersebut sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban jiwa maupun materi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelengkapan fasilitas jalan dan pengaruh geometrik jalan terhadap kecelakaan lalu lintas. Pengumpulan data primer yang meliputi data kecepatan sesaat, volume lalu lintas, kondisi dan perlengkapan geometrik jalan yang diperoleh dari survei di lapangan. Sedangkan data sekunder yang meliputi data kecelakaan dari Laka Lantas Kabupaten Aceh Barat Daya dan data populasi penduduk yang diperoleh dari internet melalui situs ABDYA dalam Angka. Dari hasil analisis diketahui yang paling berpengaruh terhadap kecelakaan adalah jarak pandang henti (Jh) jika dianalisis dari dua arah (Jembatan-Kota dan Kota-Jembatan) masing-masing 38,830 m <75 m dan 39,358 m <75 m dan jarak pandang menyiap (Jd)  jika dianalisis dari dua arah (Jembatan-Kota dan Kota-Jembatan) masing-masing 205,469 m < 350 m dan 208,578 m < 350 m jika dibandingkan dengan acuan Perencanaan Geoetrik Jalan Antar Kota (TPGJAK) 1997  sedangkan untuk hubungan antara derajat kejenuhan sangat tinggi karena hasil perhitungan derajat kejenuhan pada lokasi penelitian yaitu kurang dari 1 disimpulkan jalan tersebut lalu lintasnya lancar sehingga para pengendara kemungkinan besar mengendarai dengan kecepatan tinggi dan dapat mengakibatkan kecelakaan. Selain itu ada beberapa indikasi yang mengakibatkan terjadinya kecelakaan yaitu tidak adanya median jalan sehingga memungkinkan terjadinya kecelakaan dari arah berlawanan dan tidak tersedianya penerangan pada malam hari sehingga mempersempit jarak pandang pengendara saat berkemudi.

Author Biography

Teuku Mudi Hafli, Universitas Malikussaleh

Civil Engineering Department

References

Anonim, 1997, Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota No. 038/TBM/1997.

Anonim, 2004, Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaan lalu Lintas Pd T-09-2004-B.

Anonim, 2015, RDE-10 Perencanaan Geometrik Jalan.

Anonim,1997, Direktorat Jendral Bina Marga PU, Jakarta.

Bolla, M. E., Messah, Y. A., dan Koreh, M. M. B, 2013. Analisis Derah Rawan Kecelakaan Lalu lintas (Studi Kasus Ruas Jalan Timor Raya Kota Kupang). Kupang. Jurnal Teknik Sipil, Volume II, No. 2, September 2013.

Putranto, L, S., 2015. Rekayasa Lalu lintas Edisi Ketiga, Depok, Penerbit : PT. Indeks.

Robby., Riani. D.,Widiyatmiko. R, 2017. Analisi Geometrik Jalan Raya Pada Daerah Rawan Kecelakaan. Departemen Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Palangka Raya.

Sukirman Silvia, 1997, Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Bandung, Penerbit Nova.

Downloads

Published

2021-10-31