Pembuatan Sistem Wiper Otomatis pada Kendaraan Menggunakan Aplikasi Arduino Uno

Abubakar Dabet, J Jumadi, Muhammad Iqbal A.P

Abstract


Sistem wiper konvensional saat ini masih sepenuhnya dikendalikan secara manual oleh pengemudi untuk mengatur kecepatan wiper berdasarkan intensitas air di kaca kendaraan. Salah satu inovasi yang dapat membantu pengemudi untuk lebih nyaman berkendara yaitu dengan menambahkan mode otomatis pada sistem wiper. Tujuan dari penelitian ini yaitu membuatĀ  sistem wiper untuk kendaraan ringan yang lebih praktis dan menguji kelayakan nya.Jenis Penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan teknik pengumpulan data berupa angket yang memiliki dua aspek yaitu ergonomi dan teknis, dengan hasil dari uji kelayakan mencapai 92% untuk aspek ergonomi dan 92% untuk aspek teknis. Berdasarkan hasil uji kelayakan dua aspek tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem wiper otomatis ini termasuk kategori sangat layak berdasarkan kategori dari 92% sistem wiper ini dirancang untuk mempermudah pengemudi, dan pengujian kinerja sudah mencapai semua pengkondisian wiper.


Full Text:

PDF

References


Abdelhamid, S. Hossam, S, Hassanein, dan Glen Takahara, Kendaraan Sebagai Sensor Seluler, Procedia Ilmu Komputer, Jakarta, 2014.

Budiharto, W., Menguasai Pemograman Arduino dan Robot, CV. Pusat e-Technology, Jakarta, 2020.

Buntarto, Sistem Kelistrikan Pada Mobil, Cetakan Pertama, Pustaka Baru Press, Yogyakarta, 2015.

Clara, B. S. P., Perancangan Alat Pembersih Kaca Menggunakan Motor Servo Dengan Arduino Uno, Skripsi, Universitas Sumatra Utara, Medan, 2020.

Dimas, A. S., Rancang Bangun Prototype System Wiper Otomatis Menggunakan Sensor Air Terkontrol Arduino Disimulasikan Dengan Simulator Air Hujan, Skripsi, Universitas Negeri Semarang, Semarang, 2020.

Drajat, M. A. S., Pengaruh Rain Sensor FR-04 Terhadap Wiper Otomatis Berbasis Mikrokontroler, Jurnal Teknik Otomotif dan Mesin, Volume 2 (2021) 31-40.

Dodi, E. A., Kemudahan Pemrograman Mikrokontroler Arduino Pada Aplikasi Wahana Terbang, Jurnal Setrum, Volume 3, No 2 (2014) 46-49.

Dwi, N. S., Sistem Wiper dan Washer Nissan Serena, Skripsi, Universitas Negeri Semarang, Semarang, 2011.

Junaidi dan Yulian Dwi Prabowo, Project Sistem Kendali Elektronik Berbasis Arduino, CV. Anugrah Utama Raharja, Bandar Lampung, 2018.

Muzakir, T., Pengontrolan Tirai Otomatis dengan Menggunakan Sensor Cahaya Berbasis Arduino Uno R3, Skripsi, Universitas Malikussaleh, Aceh Utara, 2019.

Nusyirwan, D, Dudikof, M. A, dan Perwira, P., Penyaringan Air Keruh Menggunakan Sensor LDR dan Bluetooth HC-05 Sebagai Media Pengontrolan Guna Meningkatkan Mutu Kebersihan Air di Sekolah, Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 3, No.1 (2019) 37-46

Oby, Z., Jagoan Arduino, Indobot Robotic Center, Yogyakarta, 2018.

Rochman, T., Astuti, R. D., dan Setyawan, F. D., Perancangan Ulang Fasilitas Fisik Kerja Operator di Stasiun Penjili dan pada Industri Percetakan Berdasarkan Prinsip Ergonomi, PERFORMA: Media Ilmiah Teknik Industri 11(1) (2012) 1-8.

Santoso, H., Panduan Praktis Arduino untuk Pemula, Elang Sakti, Trenggalek, 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-22, Alfabeta, Bandung, 2015.

Setiono, Y., Sistem Wiper dan Washer Toyota Kijang Innova ITR-FE, Skripsi, Universitas Negeri Semarang, Semarang, 2015.

Sriyanto, J., Identifikasi Materi Mata Kuliah Teknologi Kendaraan Lanjut, JPTK, Volume 19, No. 2, 2010.

Syam, R., Dasar Dasar Teknik Sensor, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Makasar, 2013.

Yusuf, K., Perancangan Alat Pengukur Debit Air Berbasis Arduino Uno sebagai Antisipasi Pemborosan Air di Sektor Pertanian, Skripsi, Universitas Malikussaleh, Aceh Utara, 2019.

Widjanarko, D., Media Pembelajaran Kelistrikan Otomotif, Pendididkan Teknik Otomotif, Universitas Negeri Semarang, Semarang, 2012.




DOI: https://doi.org/10.29103/mjmst.v5i2.6020

Article Metrics

 Abstract Views : 604 times
 PDF Downloaded : 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Malikussaleh Journal of Mechanical Science Technology



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.