Unburnt Analysis Terhadap Proses Pembakaran Ketel Uap Jenis Water Tube Boiler Kapasitas 15 TPH Berbahan Bakar Serat dan Cangkang Kelapa Sawit

Adi Setiawan, Muhammad Yusuf

Abstract


Ketel uap merupakan salah satu komponen utama dalam sistem pembangkit daya. Proses pembakaran pada ketel uap berlangsung secara kontinyu di dalam ruang bakar dengan mengalirkan bahan bakar dan udara dengan bantuan blower. Pada Boiler di pabrik kelapa sawit, bahan bakar yang umumnya digunakan adalah serat dan cangkang kelapa sawit. Energi panas yang dihasilkan pada pembakaran bahan bakar digunakan untuk memanaskan fluida. Energi panas dari fluida tersebut selanjutnya digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti untuk turbin uap, pemanas ruangan, mesin uap, dan lain sebagainya. Proses pembakaran pada water tube boiler di pabrik kelapa sawit menghasilkan abu sisa pembakaran yang dikeluarkan melalui beberapa bagian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar bahan bakar yang tidak terbakar (unburnt fuel) pada ketel uap jenis water tube boiler berkapasitas 15 T/H. Penelitian ini dilakukan dengan menguji kadar air dan kadar abu dari abu sisa pembakaran pada boiler. Pengambilan sampel abu sisa pembakaran boiler dilakukan pada tiga titik yaitu: (i) ruang bakar boiler, (ii) hopper lower drum dan (iii) dust collector. Pengambilan sampel dilakukan saat boiler beroperasi pada tekanan kerja maksimum yakni pada tekanan 20 bar. Pengujian kadar air dilakukan dengan menggunakan alat Moisture Analyzer. Sampel sebesar 5 gr akan dipanaskan sampai temperatur tertentu sehingga kelembaban menjadi hilang ketika proses pemanasan berlangsung. Proses pengujian kadar abu menggunakan furnace jenis Chamber Furnace tipe Carbolite Gero dengan temperatur pengujian 800˚ C dengan waktu tinggal selama 10 menit. Setelah dilakukan analisa, diperoleh persentase bahan bakar yang tidak terbakar (Unburnt Fuel) selama proses pembakaran yang terdapat di ruang bakar boiler adalah 8,09%, pada Hopper Lower Drum 3,6%, dan pada Dust Collector 3,76%.

Full Text:

PDF

References


S. Hidayanto, “ANALISIS PERFORMA WATER TUBE BOILER KAPASITAS 115 TON/JAM DI PT. PERTAMINA REFINERY UNIT VI BALONGAN-INDRAMAYU.” Universitas Negeri Semarang, 2016.

S. Hidayanto, “Analisa Performa Water Tube Boiler Kapasitas 115 Ton/Jam di PT Pertamina Refinery Unit VI Balongan Indramayu,” Skripsi. Semarang : UNNES, 2016.

H. C. Hasibuan and F. H. Napitupulu, “Analisa Pemakaian Bahan Bakar Dengan Melakukan Pengujian Nilai Kalor Terhadap Perfomansi Ketel Uap Tipe Pipa Air Dengan Kapasitas Uap 60 Ton/Jam,” e-DInamis, vol. 4, no. 4, 2013.

Junaudi, “Analisa unjuk kerja boiler tipe pipa air melalui gas buang,” no. November 2011, 2018.

S. A. Muin, “Pesawat-Pesawat Konversi Energi I (Ketel Uap),” Rajawali pers Jakarta, 1988.

F. H. Napitupulu, “Pengaruh nilai kalor (heating value) suatu bahan bakar terhadap perencanaan volume ruang bakar ketel uap berdasarkan metode penentuan nilai kalor bahan bakar yang dipergunakan,” J. Sist. Tek. Ind., vol. 7, no. 1, pp. 60–65, 2006.

L. B. Hartanto, M. Sibarani, and J. V. Tuapetel, “Analisa Teknis Dan Biaya Penggunaan Bahan Bakar Cangkang Kelapa Sawit Dan Batu Bara Pada Boiler DZL4 Di PT. Lautan Luas Tbk.,” J. Tek. Mesin ITI, vol. 4, no. 1, p. 17, 2020, doi: 10.31543/jtm.v4i1.301.

A. Pudjanarsa, “Mesin konversi energi,” 2018.

K. KUNARTO, “ANALISA EFISIEN BOILER PABRIK KELAPA SAWIT DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR FIBRE DAN CANGKANG,” Penelit. MANDIRI Univ. BANDAR LAMPUNG, 2018.

H. Hendaryati, “Analisis Efisiensi Termal Pada Ketel Uap Di Pabrik Gula Kebonagung Malang,” J. Gamma, vol. 8, no. 1, 2012.




DOI: https://doi.org/10.29103/mjmst.v5i2.5822

Article Metrics

 Abstract Views : 310 times
 PDF Downloaded : 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Malikussaleh Journal of Mechanical Science Technology



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.