Rancang Bangun Mesin Pemisah Limbah Geram Aluminium Hasil Proses Permesinan

Agung Wahyudi, Muhammad Yusuf

Abstract


ujuan penelitian ini untuk menghasilkan suatu geram jenis aluminium yang bersih dari logam ferrous dengan menggunakan mesin pemisah limbah geram aluminium, hasil pemisahan nantinya akan digunakan sebagai bahan penelitian pada pengecoran logam. Pengujian : meliputi pengamatan langsung terhadap proses pemisahan geram dengan menggunakan belt conveyor yang memiliki sekat, merancang komponen – komponen mesin seperti rangka, belt conveyor, roller conveyor, dan poros magnetik. Parameter pengujian hasil pemisahan geram memakan waktu selama 4 menit 51 detik dengan dua kali proses pemisahan, tujuan nya agar proses pemisahan geram yang berbentuk spiral akan sepenuhnya terpisah, hal itu dilakukan karena mesin pemisah limbah geram ini hanya memisahkan geram yang berbentuk spiral, oleh karena itu dibutuhkan suatu alat untuk menyempurnakannya. Disini terlihat bahwa pengaruh penyekat terhadap proses pemisahan geram sangatlah penting, karena penyekatlah yang mendorong geram berbahan ferrous yang melekat pada poros magnetik jatuh ke arah penampungan bahan ferrous, jika penyekat tidak ada maka geram yang melekat pada poros magnetik tidak akan bisa terlepas. Kecepatan motor penggerak tidak boleh terlalu kencang karena akan mengakibatkan geram akan terpental dan berhamburan. Motor yang digunakan memiliki kecepatan 24 rpm dan torsi 1,55 Nm

Full Text:

PDF

References


A. Suwandi, M. S. (1-2 November 2017). Perancangan Mesin Eddy Current Separator Untuk Pemilah Sampah Logam Non-Ferous. Studi Kasus Di Kabupaten Tegal , 1-9.

Dayton, Rchmond. 2009. Material Recovery Facilities For Municipal Solid Waste.United States America : Environmental Protection Agency, 2009.

Dewanti, F. P. (2015). Sistem Pendeteksi Dan Pemisah Material Logam Dan Non Logam Dengan Memanfaatkan Elektromagnet. Jember.

Fenercioğlu, Ahmet and Barutcu, Hamit. 2015. Separation of Granule Non-Ferrous Metals in Shredded Cable Waste with Eddy Current Separator. Barcelona : s.n., 2015. The World Congress on Mechanical, Chemical, and Material Engineering (MCM 2015). pp. 250-1 - 250-5.

Goudsmit Magnetic Group. 2016. EddyCan – Eddy Current Separator. Goud Smit magnets. [Online] 2016. [Cited : 05 14, 2017]

Jogiyanto. (2015). Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi bisnis. Analisa dan Desain.Yogyakarta: Sistem Informasi.

Kencanawati, C. I. (2017). Proses Pemesinan. Denpasar.

Robert L. Mott, 2009. Elemen-Elemen Mesin DalamPerancangan Mekanis, edisi pertama, University Of Dayton.

Shinta, M. H. dan Supriyanto. (2015). Tinjauan Pelaksanaan Pelatihan Dan Pengembangan. Bisnis Administrasi, 30-39.

Smith, H. P dan Wilkes, L. H., (1990). Mesin dan Peralatan Usaha tani. Edisi ke-6 (Terjemahan). Penerjemah Tri Purwadi. Gadjah Mada University Press: Jogjakarta.

Sularso dan Kiyokatsu Suga. (2004). Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin. (Vol. 11). Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Zay, I. P. (2014). Daur Ulang Scrap Aluminium Sebagai Solusi Alternatif Untuk Mengurangi Ketergantungan Aluminium Impor Di Indonesia. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.29103/mjmst.v7i1.12369

Article Metrics

 Abstract Views : 115 times
 PDF Downloaded : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Agung Wahyudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.