Kajian dan Simulasi Perpindahan Panas Pada Kolektor Surya Pelat Datar

T Taufiq

Abstract


Kolektor surya adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengumpulkan energi panas yang bersumber dari radiasi matahari. Kolektor surya yang baik adalah kolektor surya yang memiliki efisiensi tinggi, ini berarti, sebagian besar panas yang menimpa kolektor dapat dimanfaatkan untuk memanaskan fluida yang mengalir didalamnya dan sebagian kecil panas yang hilang ke lingkungan. Pada penelitian ini, suatu model kolektor surya telah dimodelkan dan proses perpindahan panas pada kolektor tersebut diselesaikan dengan menggunakan software Engineering Equation Solver (EES). Metode iterasi digunakan untuk menentukan temperatur pada permukaan sehingga didapat energi panas berguna pada kolektor. Kolektor surya yang disimulasikan berukuran 1m x 2m x 0,06m, pelat absorber yang diasumsikan adalah pelat aluminium dan seng berukuran 0,4 mm dan 0,6mm. Hasil simulasi didapat temperatur  fluida keluar deangan menggunakan aluminium sebagai absorber jauh lebih tinggi dari pada menggunakan pelat seng sebagai pelat absorber. Temperatur keluar fluida dengan menggunakan pelat aluminium berukuran 0,4 mm sebagai absorber lebih tinggi dari pada pelat berukuran 0,6 mm. Temperatur fluida keluar dengan menggunakan pipa tembaga lebih besar dari pada menggunakan pipa besi untuk kolektor pelat datar karena pipa tembaga memiliki konduktivitas termal lebih tinggi dari pipa besi. Hasil simulasi kemudian dibandingkan dengan hasil pengujian dan didapat temperatur fluida keluar hasil pengujian lebih kecil dari pada hasil simulasi dengan menggunakan pipa kolektor dan pelat  absorber yang sama.

Full Text:

PDF

References


Duffie, J. A., Beckman, W. A., 2006, Solar Engineering of Thermal Processes. 3rd edition, Wiley & Sons.

Migasiuk- Wójcicka Dorota, Chochowski Andrzej., 2000, Simulation Model for Solar Water Heating for Food Processing. Journal of Scientific Research and Development. Vol. II. Warsaw, Poland.

Ropiudin., 2007, Pemodelan Sistem Termal dan Simulasi pada Oven Surya, IPB, Bogor.

Zima W, Dziewa P., 2011, Modelling of liquid flat-plate solar collector operation in transient states, Sage, Poland.

Hottel, H. C., Woertz, B. B., 1942, The performance of flat plate solar heat collectors.Transactions of ASME, 64, 91-104.

Matuska, T., 2003, Transparent thermal insulations and their use in solar energy applications, Ph.D. thesis, CTU in Prague.




DOI: https://doi.org/10.29103/mjmst.v3i1.10914

Article Metrics

 Abstract Views : 63 times
 PDF Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 T Taufiq

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.