Analisa Kekuatan Laminasi Kayu Lokal dan Bambu Sebagai Bahan Alternatif Untuk Pembuatan Kapal Ikan

Ferry Safriwardi

Abstract


Untuk pembuatan kapal ikan saat ini semakin sulit mencari kayu, khususnya untuk pembuatan gading, lunas. Gading merupakan struktur rangka dari kapal di mana kulit lambung kapal di rekatkan  untuk membuat gading membutuhkan kayu yang solid yang sudah terbentuk secara alami. Penelitian ini menganalisa bagaimana laminasi kayu bakau dengan  bambu betung di gunakan untuk gading kapal kayu nelayan tradisional di Aceh  dilihat dari segi ekonomi, teknologi produksi (laminasi) dan kekuatan  pengujian kekuatan dilakukan dengan uji bending, dengan tiga model specimen uji, berukuran 30mm x 30mm x 300mm. Variasi laminasi mulai dari laminasi kayu, bambu, kayu. 90% kayu bakau 10% bambu betung, dan laminasi kayu, bambu, kayu, bambu, kayu. 80% kayu bakau 20 bambu betung. Serta laminasi kayu, bambu, kayu, bambu, kayu, bambu, kayu. 70% Kayu  30% Bambu Betung.Hasil dari penelitian ini menunjukkan terjadi kenaikan kekuatan pada konstruksi laminasi lima layer, yaitu dengan komposisi kayu bakau 80% dan bambu betung 20%.

Full Text:

PDF

References


Anonym, 2006, Panduan Penulisan Tugas Akhir Program Sarjana ( S1 ) Pada Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh, Universitas Malikussaleh, Lancang Garam Lhokseumawe.

Anonimus, 1996, Peraturan Kapal Kayu , Biro Klasifikasi Indonesia, Jakarta.

Abdurrahim, Martawijaya, Barly dan Permadi, 1981, Atlas Kayu Indonesia, Balai PenelitianHutan dan Balai penelitian Hasil Hutan, Bogor.

Bakri, M., 1990, Analisa Teknik Perahu Layar Motor (PLM) Laminasi untuk Armada Angkatan Laut, Lembaga Penelitian (Lemlit) ITS, Surabaya.

Hadjib, Karnasudirdja dan Nurhayati 1999, Rekayasa Bambu, Nafiri ofset, Jakarta

Sunaryo, H. 2000, Teknologi Bangun Kapal Non Baja, Departemen Pendidikan Naional

Rosyid, D,M., dan Setyawan, D,. 2000 Kekuatan Stuktur Kapal, Pradya Paramita Jakarta

Ferry Safriwardy, 2005 Kajian Tekno – Ekonomi Produksi Cross Beam Kapal Kayu Catamaran, Teknik Produksi dan Materila Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Parlindungan Manik, 2000 Bambu Sebagai Bahan Alternatif Kompsit Pembuatan Kulit Kapal Teknik Produksi dan Materila Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Rosyid, D,M dan Roger M. Jhonson, 2000, Pengembangan Rancang Bangun Kapal Ikan Kayu Modern Indonesia Teknik Produksi dan Materila Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.29103/mjmst.v4i2.10895

Article Metrics

 Abstract Views : 57 times
 PDF Downloaded : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ferry Safriwardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.