Analisis Produktivitas Perawatan Mesin dengan Metode TPM (Total Productive Maintenance) Pada Mesin Mixing Section

I Iswardi, M Sayuti

Abstract


Perkembangan teknologi yang digunakan pada sebuah perusahaan semakin maju dan komplek sesuai dengan perkembangan zaman, dengan demikian produktivitas perawatan harus selalu diperhatikan untuk kelancaran proses produksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis produktivitas perawatan mixing section pada PT. X dengan menggunakan metode Total Productive Maintenance. PT. X adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan pakan ternak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa availability rate kelima mesin masih berada dibawah standar JIPM (Japan Institute of Plant Maintenance) 90%, performance rate kelima mesin berada dibawah standar JIPM 95% dan rate of quality kelima mesin juga berada dibawah standar JIMP 99% dan untuk overall equipment effectiveness juga masih berada dibawah JIPM yaitu 85%. Untuk itu perawatan mesin perlu ditingkatkan untuk kelancaran produksi. Tindakan perbaikan yang diusulkan adalah menyiapkan perlengkapan autonomous maintenance, memberikan training bagi operator dan teknisi maintenance serta melakukan pengawasan terhadap operator tentang kebersihan tempat kerja.

Full Text:

PDF

References


Assauri, S. 1999. JurnalManajemen Produksi Dan Operasi. Edisi revisi. Lembaga penerbit fakultas ekonomi universitas Indonesia, Jakarta.

Andika, S. 2007. Analisis kerugian kerja mesin dengan menggunakan metode Overall Equipment Effectiveness, skripsi teknik industry, fakultas teknologi industry, IST AKPRIND, Yogyakarta.

Suharto, 1991. Manajemen Perawatan Mesin, Rineka Cipta, Anggota Ikapi, Jakarta.

Corder, Anthony, S. 1973. Teknik Manajemen Pemeliharaan. Penerbit : Erlangga, Jakarta.

Achmad Said, Joko Susetyo, 2008. Analisis Total Productive Maintenance Pada Lini Produksi Mesin Perkakas GunaMemperbaiki Kinerja Perusahaan, Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri Institut Sains & Teknologi, AKPRIND, Yogyakarta.

Seng,D.,Jantan,M., & Ramayah,T., (2005), Implementing Total Productive Maintenance (TPM) in Malaysian Manufacturing Organozation: An Oprational Strategi Study the ICFAI Journal of Operation Management, Vol.IV no.2, pp.53 -62.

Nakajima,S., (1988), Introduction to TPM. Cambridge, Productivity Press.

Denso. (2006). Introduction to total productive maintenance: Study guide. Denso.

leanindonesia. Com. (2010, November 15). OEE overall equipment effectiveness.




DOI: https://doi.org/10.29103/mjmst.v4i2.10891

Article Metrics

 Abstract Views : 68 times
 PDF Downloaded : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 I Iswardi, M Sayuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.