PENGARUH DEBIT INFLOW - OUTFLOW TERHADAP EFISIENSI SALURAN DAERAH IRIGASI GUNCI

Teuku Mudi Hafli, Adzuha Desmi, Batari Putri, M. Fauzan, Fasdarsyah Fasdarsyah, Mukhlis Mukhlis, David Sarana, Syibral Malasyi

Abstract


Krueng Gunci yang menjadi sumber air untuk jaringan daerah irigasi Gunci yang memiliki luas areal layanan 105,97 ha. Permasalahan yang sering dihadapi adalah lahan pertanian tidak dapat terairi dengan baik terutama pada musim kemarau. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efisiensi saluran primer. Kondisi saluran pada ruas RG 10 mengalami kerusakan lebih banyak.  diperoleh efesiensi penyaluran di saluran primer Gunci sebesar 61,31%. Dengan demikian kehilangan air sepanjang saluran primer Gunci sebesar 28,69% dari efisiensi pada kondisi normal untuk saluran primer yaitu 90%. Berdasarkan hasil analisis dan observasi ke lapangan, penyebab berkurangnya efisiensi saluran adalah panjangnya saluran primer yang masih lanning dari tanah, sehingga banyak rumput liar, sedimen didalam saluran, dan rusak bangunan irigasi. maka upaya- upaya yang dapat dilakukan yaitu memelihara prasarana dan sarana pengairan sehingga kehilangan air akibat rembesan dan bocoran dapat ditekan sekecil mungkin. Adapun upaya meningkatkan efisiensi jaringan yaitu pelaksanaan linning pada saluran, pelaksanaan plesteran pada saluran,pelaksanaan linning dan plesteran pada saluran. Melakukan pengkajian mengenai kondisi fisik dan alat ukur pada jaringan irigasi Gunci.

Full Text:

PDF

References


Anonim, PUPR, Modul Pengenalan Sistem Irigasi, Jakarta, 2019.

Anonim, PUPR, Standar Perencanaan Irigasi, 2013.

Faisal A and Suyono, Evaluasi Ketersediaan dan Kebutuhan Air Untuk Pertanian Daerah Irigasi Boro Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah, 2012.

Faudli. Imam, Kajian Efisiensi Dan Efektivitas Jaringan Irigasi Krueng Baro Kiri Kabupaten Pidie Provinsi Aceh, Fakultas Syiah Kuala, Banda Aceh, 2017.

Wirosoedarmo. Ruslan et al, Evaluasi Efisiensi Saluran Terhadap Debit Aliran Air Pada Jaringan Irigasi Purwodadi Magetan, Jawa Timur, 2015.




DOI: https://doi.org/10.29103/mjmst.v6i3.10433

Article Metrics

 Abstract Views : 77 times
 PDF Downloaded : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Teuku Mudi Hafli, Adzuha Desmi, Batari Putri, M. Fauzan, Fasdarsyah Fasdarsyah, Mukhlis Mukhlis, David Sarana, Syibral Malasyi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.