SARKASME DALAM PERGAULAN MASYARAKAT DI DESA TUMPOK TEUNGOH KECAMATAN BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE

Riza Mutia, Trisfayani Trisfayani, Ririn Rahayu

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini berjudul “Sarkasme dalam Pergaulan Masyarakat di Desa Tumpok Teungoh, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe”. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan bentuk sarkasme dalam pergaulan masyarakat di Desa Tumpok Teungoh, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe dan (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya sarkasme tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deksriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik rekam, teknik simak, teknik catat dan teknik wawancara. Sumber data dari penelitian ini adalah masyarakat Desa Tumpok Teungoh. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan sebanyak 35 tuturan bentuk sarkasme dalam pergaulan masyarakat di Desa Tumpok Teungoh. Adapun 35 tuturan bentuk sarkasme tersebut terdiri dari: (1) sarkasme sifat berjumlah 3 data, (2) sarkasme tindakan berjumlah 10 data, (3) sarkasme hasil dari tindakan berjumlah 7 data, (4) sarkasme himbauan berjumlah 1 data, dan (5) sarkasme sebutan berjumlah 14 data. Faktor yang mempengaruhi sarkasme di Desa Tumpok Teungoh adalah faktor psikologi yang meliputi; (1) luapan emosi berjumlah 20 data, (2) perasaan kecewa berjumlah 6 data, (3) perasaan bercanda berjumlah 3 data, dan (4) perasaan spontan berjumlah 6 data.


Keywords


Kata Kunci: Sarkasme, Pergaulan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Hasanah, Ulfatun, Dkk. 2021. "Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme Netizen di Sosial Media". Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal. Vol. (7). No. (2). (Internet), (https://e-Journal.my.id). Diakses 2 Agustus 2022.

Inayah, dkk. 2017. "Penggunaan Sarkasme dalam Berkomunikasi di Kalangan Mahasiswa". Jurnal. (Internet), (https://ejournal.Unsrat.ac.id). Diakses 2 Aguatus 2022.

Jum’ati, Laila, Nur. 2021. “Gaya Bahasa Sindiran dalam Kumpulan Cerpen Karya Lu Xun”. Universitas Negeri Surabaya. Jurnal. (Internet), (https://ejournal.unesa.ac.id). Diakses 2 Aguatus 2022.

Keraf, Gorys. 2019. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lutfiyani, Dkk. 2021. "Sarkasme dalam Media Sosial Twitter dan Implikasinya". Universitas Panca Sakti Tegal. Jurnal. Vol. (01), No. (2). (Internet).(https://ejournal.iain.surakarta.ac.id). Diakses 2 Agustus 2022.

Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nugrahani, Farida. 2017. "Penggunaan Bahasa dalam Media Sosial Cermin Pudarnya Karakter Bangsa”. Jurnal. Vol. (1), No. (1). (Internet), (http://repositori.kemdikbut.go.id). Diakses 2 Agustus 2022.

Rachmat, Fadly, Winata. 2017. "Penggunaan Sarkasme dalam Pergaulan Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Alauddin Makassar". Skripsi. (Internet),(https://eprints.uny.ac.id). Diakses 2 Aguatus 2022.

Subhana, Fatimah. 2021. "Analisis Isi Penggunaan Bahasa Sarkasme pada Rubric Esai Media Daring Mojok.co". Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Skripsi. (Internet),(http://digilib.Uinsby.ac.id).Diakses 2 Agustus 2022.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Tarwiyati, dkk. 2020. "Bahasa Sarkasme Warganet dalam Berkomentar Instagram @Aniesbasweda". Jurnal. Vol. (04), No. (2). (Internet), (https://jurnal.unigal.ac.id). Diakses 2 Aguatus 2022.

Ulfareski. 2021. Penggunaan Gaya Bahaya Sarkasme pada Stand Up Comedy Abdur di Youtobe. Universitas Muhammadiyah Makassar. Skripsi. (Internet), (https://digilibadmin.unismuh.ac.id). Diakses 2 Agustus 2022.

Wahyuni, Rani, Sri. 2021. "Analisis Gaya Bahasa Sarkasme dalam Bahasa Sunda Warganet pada Media Sosial Facebook". Jurnal. Vol. (3), No. (2). (Internet), (https://jurnal.unsil.ac.id).Diakses 2 Agustus 2022.




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v3i2.9451

Article Metrics

 Abstract Views : 157 times
 PDF Downloaded : 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats