ANALISIS TINDAK TUTUR PEDAGANG DAN PEMBELI DI PASAR TANJUNG TIRAM BATU BARA

Selly Monica, Trisfayani Trisfayani, Ririn Rahayu

Abstract


ABSTRAK

 

Skripsi ini berjudul “Analisis Tindak Tutur Pedagang dan Pembeli di Pasar Tanjung Tiram Batu Bara”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur lokusi, ilokusi, perlokusi dan mendeskripsikan tindak tutur yang dominan digunakan dalam interaksi jual beli di Pasar Tanjung Tiram Batu Bara. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simak bebas libat cakap,catat dan rekam. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga bentuk tindak tutur dikalangan penjual dan pembeli di Pasar Tanjung Tiram Batu Bara, yaitu tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi. Data keseluruhan diperoleh sebanyak 108 data. Data lokusi sebanyak 61 data yang terdiri dari 6 bentuk pernyataan, 52 bentuk pertanyaan, dan 3 bentuk perintah. Selanjutnya, data ilokusi sebanyak 43 data yang terdiri dari 28 bentuk representatif, 1 bentuk komisif, 9 bentuk direktif, 3 bentuk ekspresif, dan 2 bentuk deklarasi. Kemudian, data perlokusi hanya terdiri  dari 4 bentuk verbal.


Keywords


Kata kunci: pragmatik, tindak tutur, penjual, pembeli, pasar

Full Text:

PDF

References


Adriana, Iswah. 2018. Pragmatik. Surabaya: Buku Pena Salsabila.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2018. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Harahap, Nursapia. 2020. Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing.

Nahdiat, Siska Azizatun. 2018. “Tindak Tutur Komisif pada Pedagang di Pasar Umum Aikmel Menggunakan Kajian Pragmatik”. Skripsi. Mataram: Universitas Mataram.

Rahardi, R. Kunjana. 2019. PragmatikKonteks Intralinguistik dan Konteks Ekstralinguistik. Yogyakarta: Amara Books.

Reistanti. Agustina Putri. 2021. “Tindak Tutur Ekpresi Penolakan Anak Usia Dini: Kajian Pragmatik”. Jurnal Ilmiah Pedagogy.Volume 17 Nomor 1 November 2021. STAI Muhammadiyah Blora.

Rizi, Muhammad Alfa. 2021. “Analisis Tindak Tutur Pedagang dan Pembeli di Pekan Jumat Desa Secanggang Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat: Kajian Sosiopragmatik”. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Sabatiny, Sabrina dan Rita Martini. 2018. “Perkembangan Pasar Tradisional dan Keberadaan Pasar Modern di Kota Palembang”. Jurnal. Vol. 7 No. 1 Januari-Juni 2018. Hal: 1068-1076. Politeknik Negeri Sriwijaya.

Safira, Fatma Eka. 2021. “Tindak Tutur dan Fungsi Tuturan Ekspresif dalam Acara Nih Kita Kepo di Trans TV: Suatu Kajian Pragmatik”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 4 Nomor 2, Juni 2021. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Suhartono. 2020. Pragmatik Konteks Indonesia. Kota Baru Driyorejo: Graniti.

Sulistyo. 2014. Pragmatik Suatu Kajian Awal. Jawa Tengah: Universitas Sebelas Maret.

Yuliantoro, Agus. 2020. Analisis Pragmatik. Klaten: UNWIDHA Press.




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v3i2.9449

Article Metrics

 Abstract Views : 233 times
 PDF Downloaded : 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats