MENDESKRIPSIKAN GAYA BAHASA DALAM LIRIK LAGU ALBUM SINESTESIA KARYA EFEK RUMAH KACA

Rauzatul Jannah, Emilda Emilda, Rani Ardesi Pratiwi

Abstract


ABSTRAK

 

Bahasa yang indah untuk meningkatkan serta membandingkan suatu benda atau hal lain yang lebih umum menjadi lebih menarik itu adalah gaya bahasa karena itu gaya bahasa banyak terdapat di dalam karya sastra misalnya dalam puisi dan lagu. Lagu adalah rancangan melodi yang dibuat oleh manusia sebagai karya sastra atau bahan hiburan dan ketenangan bagi seseorang. Lagu memiliki nilai positif bagi para pecinta lagu, di antaranya dapat menghilangkan kesunyian dalam aktivitas dan dapat menghilangkan rasa sedih. Lagu biasanya berisi tentang pengalaman hidup, suara hati, perjuangan dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis gaya bahasa yang terdapat pada album Sinestesi karya Efek Rumah Kaca. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga tahapan yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Berdasarkan kajian hasil penelitian bahwa album lagu Sinestesia karya Efek Rumah kaca banyak menggunakan kaidah gaya bahasa dalam lagu-lagunya. Seperti gaya bahasa metafora, personifikasi, satire, elepsis, asonansi, dan anaphora. Data hasil penelitian ditemukan 29 data gaya bahasa, data terbanyak terdapat pada jenis gaya bahasa perbandingan dan data yang sedikit tardapat pada jenis gaya bahasa pertentangan. Data gaya bahasa perbandingan terdiri dari 9 gaya bahasa yaitu, 8 metafora, dan 1 personifikasi. Data jenis gaya bahasa pertentangan terdiri dari 5 data gaya bahasa, yaitu 5 data satire. Selanjutnya data gaya bahasa pertautan yang terdiri dari 6 data yaitu, 4 erotesis dan 2 elipsis. Kemudian data gaya bahasa perulangan yang terdiri dari 8 data yaitu, 6 asonansi, dan 3 anafora. Selanjutnya 1 data gaya bahasa yang mengandung dua gaya bahasa di dalamnya yaitu asonansi dan anafora.

 


Keywords


Kata kunci: gaya bahasa, lirik lagu, album Sinestesi, Efek Rumah Kaca

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, A. H. N. 2017. Gaya Bahasa dan Diksi pada Lirik Lagu Album The Power Source Milik Judy N Mary Tinjauan Stilistika. Artikel Skripsi (internet). Universitas Diponegoro semarang. (diakses 4 September 2021).

Arsyad, S. T. 2020. Analisis Gaya Bahasa pada Novel “Layla dan Majnun” karya Syekh Nizami Ganjavi (Kajian Stilistika). Artikel Skripsi (internet). Universitas Muhammadiyah Makassar. (diakses 1 Februari 2022).

Gustina S. M. 2014. Ensiklopedia Bahasa dan Sastra Indonesia Gaya Bahasa. Jakarta: PT Intan Pariwara.

Khoiriyah, N. dan Sinaga, S. S. 2017. Pemanfaatan Pemutaran Musik Terhadap Psikologis Pasien Pada Klinik Ellena Skin Care di Kota Surakarta. Artikel Jurnal (internet). Universitas Negeri Semarang. (diakses 13 September 2021).

Pradopo, R. D. 2014. Beberapa Teori Sastra. Teori Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Susiati. 2020. Gaya Bahasa Secara Umum dan Gaya Bahasa Pembungkus Pikiran. Artikel jurnal (internet). Universitas Iqra Buru. (diakses 3 Agustus 2021).

Susilo, S. F. W. 2020. Gaya Bahasa Simile, Metafora, dan Satire dalam Akun Instagram Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini Unggahan Februari-Desember 2018. Artikel Skripsi (internet). Universitas Sanata Dharma. (diakses 20 November 2021)

Nurhapipah. 2017. Gaya Bahasa Lirik Lagu Album Kamar Gelap Karya Band Efek Rumah Kaca. Artikel Skripsi. Universitas Galuh.

Uryatantra. 2017. Gaya Bahasa dan Makna dalam Lirik Lagu Band Efek Rumah Kaca Album Sinestesia (Kajian Stilistika). Artikel Jurnal. Universitas Diponegoro.

Widayanti, D. R. 2019. Gaya Bahasa Aliterasi dan Asonansi pada Catatan Najwa dan Relavansinya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Artikel Skripsi. Universitas Muhammadiayah Surakarta.

Wijaya, K. P. 2017. Pesan Dakwah dalam Album Istigfar Karya Opick. Artikel Skripsi. Universitas Islam Negeri.

Zebua, R. M. 2020. Gaya Bahasa dan Fungsi Gaya Bahasa dalam Novel Harga Sebuah Percaya karya Tere Liye: Kajian Stilistika. Artikel Skripsi. Universitas Sumatera Utara.




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v3i2.9448

Article Metrics

 Abstract Views : 269 times
 PDF Downloaded : 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats