TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM NOVEL SANG KOMBATAN KARYA MUSA AM

Elfiyani Elfiyani, Razali Razali, Subhayni Subhayni

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan tindak tutur ekspresif dalam novel Sang Kombatan karya Musa AM. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Sang Kombatan karya Musa AM dengan data penelitian berupa dialog antartokoh dalam novel Sang Kombatan karya Musa AM. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik studi dokumentasi atau analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam gambaran tindak tutur ekspresif dalam novel Sang Kombatan karya Musa AM. Adapun gambaran tersebut terdiri dari tindak tutur ekspresif ucapan terima kasih, tindak tutur ekspresif ucapan selamat, tindak tutur ekspresif meminta maaf, tindak tutur ekspresif menyalahkan, tindak tutur ekspresif memuji, dan tindak tutur ekspresif belasungkawa. Dari keenam tindak tutur ekspresif tersebut diperoleh 194 data yang terdiri dari 28 data tindak tutur ekspresif ucapan terima kasih, 4 data tindak tutur ekspresif ucapan selamat, 49 data tindak tutur ekspresif meminta maaf, 23 data tindak tutur ekspresif menyalahkan, 80 data tindak tutur ekspresif memuji, dan 10 data tindak tutur ekspresif belasungkawa. Dari 194 data yang telah dianalisis, tindak tutur ekspresif memuji merupakan jenis tindak tutur ekspresif yang paling banyak ditemukan dan tindak tutur ekspresif ucapan selamat merupakan jenis tindak tutur ekspresif yang paling sedikit digunakan pada dialog dalam novel tersebut.


Keywords


Kata Kunci: Tindak Tutur, Tindak Tutur Direktif, Novel

Full Text:

PDF

References


Achmad H.P. dan Alek. (2011). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Chaer, Abdul. (1995). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Laila, Aruna dan Emil Septia. (2019). Tindak Tutur Ekspresif dalam Novel-Novel Tere Liye: Tinjauan Pragmatik. Metalingua, Vol. 17, No. 1, hlm. 33-43.

M, Musa A. (2017). Sang Kombatan. Banda Aceh: PT Aceh Media Grub.

Mu’awanah, Ifatul dan Asep Purwo Yudi Utomo. (2020). Analisis Tindak Tutur Ekspresif dalam Berita Dokter Deteksi Virus Corona Meninggal di Wuhan pada Saluran Youtube Tribunnews.Com. Jurnal Skripta, Vol. 6, No. 2, hlm. 72-80.

Nadar, F.X. (2009). Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahardi, Kunjana. (2003). Berkenalan dengan Ilmu Bahasa Pragmatik. Malang: Dioma.

Sudaryat, Yayat. (2009). Makna dalam Wacana Prinsip-prinsip Semantik dan Pragmatik. Bandung: CV Yrama Widya.

Zuraida. (2015). Tindak Tutur Ilokusi dan Perlokusi dalam Berekomunikasi Antarmahasiswa PBSI FKIP Unsyiah. Skripsi. Universitas Syiah Kuala.




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v3i2.9443

Article Metrics

 Abstract Views : 149 times
 PDF Downloaded : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats