ANALISIS NILAI-NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL SELAMAT TINGGAL KARYA TERE LIYE

Cut Nyak Dhien, Sayni Nasrah, Emilda Emilda

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai edukatif dalam novel Selamat Tinggal karya Tere Liye. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Sumber data penelitian ini adalah novel Selamat Tinggal karya Tere Liye yang berjumlah 360 halaman yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama, cetakan pertama pada 2020. Data penelitian ini adalah nilai edukatif yang meliputi nilai religi, nilai sosial, nilai budaya, dan nilai moral. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik baca  dan teknik catat. Hasil penelitian ini adalah terdapatnya nilai-nilai edukatif yang meliputi 9 nilai religi, 18 nilai sosial, 18 nilai budaya, dan 18 nilai moral dalam novel Selamat Tinggal karya Tere Liye.

 

Kata kunci: nilai edukatif, novel

Full Text:

PDF

References


Astuti, Aprilia Sri. 2015.Nilai Edukatif dalam Novel Amelia Karya Tere Liye Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajr Di Sma XII. Skripsi. Universita Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Elneri, Nindy. dkk. 2018. Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Mamak Karya Nelson Alwi. Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.Uneversitas Negeri Padang.Vol. 14.No. 1.

Fatikah, Noor. 2019. Nilai-nilai Edukatif dalam Buku Surga yang Tak Dirindukan dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam. Jurnal Ilmuna. Vol. 1.No. 1.

Fatria, Fita. 2016. Analisis Nilai-nilai Edukatif dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara. Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah.Vol. 1.No. 1.

Hamzah, Ilham. 2017. Nilai Edukatif dalam Novel Mimpi Anak Negeri Karya Suyatna Pamugkas. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Haslinda. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Kajian Apresiasi Prosa Fiksi Berbasis Kearifan Lokal Makassar Terintegrasi Mobile Learning Mahasiswa Fkip UniversitasOMuhammadiyahOMakassar.OSkripsi (Internet),https://digilibadmin.unismuh.ac.id) di akses tanggal 15 Maret 2021.

Irma, Cintya Nurika. 2018. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ibuk Karya Iwan Seyawan.Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Universitas Peradaban.Vol. 11. No. 1.

Koesoema, A Doni. 2015. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: PT Kanisius

Laksamana, Dian Ariawan. 2015. Pelaksanaan Perlindungan Terhadap Hak-Hak Pengguna Provider Seluler di Yogyakarta (Studi Kasus di Lembaga Konsumen Yogyakarta). Skripsi. Prodi Ilmu Hukum Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mainake, Jessica Apriani. 2019.Pesan Moral dalam Film Tschick Karya Wolfgan Herrndrof.Manado: Universitas Sam Ratulangi Fakultas Ilmu Budaya.

Mubarok, Achmat Dan Asrul Anan. 2019. Analisis Nilai-Nilai Edukatif dalam Novel Love In Pesantren Sebagai Reformulasipola Interaksi Guru dan Murid di Pesantren.Program Studi Pendidikan Agama Islam: Universitas Yudharta Pasuruan. Vol. 4.No. 2.

Mundaroh. 2010. Nilai-Nilai Edukatif dalam Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye. Skipsi. Institute Agama Islam Negeri Walisongo Semarang Fakultas Tarbiyah.

Mustoip, Sofyan. dkk. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: Jakad Publishing.

Nurachmana,Alifiah. dkk. 2020. Analisis Nilai Edukatif dalam Novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata: Tinjauan Sosiologi Sastra. Universitas Palangka Raya. Vol 1.No. 1.

Pratiwi, Intan dan Wati Istanti. 2020. Analisis Nilai Edukatif dalam Novel Naura Dan Genk Juara (The Adventure Begins) Karya Veronica Widyastutiuntuk Membangun Literasi Kritis serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Bahasa Indonesia SMP kelas VII. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni: Universitas Negeri Semarang.

Putri, Cut Eva Syamsoeddin. 2016. Analisis Pesan Moral dalam Cerita Rakyat Di Kecamatan Kuta Malaka. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Pradopo, Djoko Rachmat. 2011. Prinsip-Prinsip Kritik Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahayu, Actri Putri. 2013. Analisis Makna Fukugoudoushi ~Au dalam Kalimat Bahasa Jepang. Skripsi (Internet),(http://repository.upi.edu/8748/). Diakses tanggal 25 Agustus 2021.

Rihi, Novita Amalia. 2010. Analisis Gaya Bahasa dan Nilai-Nilai Pendidikan Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Setiani, Febri dan Zainal Arifin. 2021. Nilai Edukatif Tokoh Burlian dalam Novel Si Anak Spesial Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra Sebagai Bahan Ajar Cerita Inspiratif. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya.

Susanti, Meri. 2020. Analisis Nilai-Nilai Edukatif dan Peran Perempuan Dalam Novel Islammu Adalah Mahaku karya Ario Muhammad. Ph.D. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v3i1.7239

Article Metrics

 Abstract Views : 808 times
 PDF Downloaded : 275 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats