VARIAN DIALEK BAHASA JAMEE DI ACEH BARAT DAYA

Silka Afrianti, Trisfayani Trisfayani, Safriandi Safriandi

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan varian dialek pelafalan bahasa Jamee  dan  sebab terjadinya varian bahasa Jamee di Kabupaten Aceh Barat Daya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik sadap yang diikuti teknik simak libat cakap, teknik simak bebas libat cakap, catat, dan rekam. Data dalam penelitian ini adalah adalah data lisan berupa kata dan kalimat dialek bahasa Jamee di Aceh Barat Daya. Sumber data dalam penelitian ini adalah penutur asli bahasa Jamee di Aceh Barat Daya, peneliti memilih empat kecamatan di Aceh Barat Daya, yaitu  Kecamatan Jeumpa, Kecamatan Susoh, Kecamatan Manggeng dan Kecamatan Lembah Sabil. Hasil analisis data menemukan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan dialek bahasa Jamee di Aceh Barat Daya.

 

Kata kunci: varian, dialek bahasa Jamee


Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. (2011) Sosiolinguistik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Haryono, Akhmad. (2016) Perubahan dan Perkembangan Bahasa. Jurnal (internet), (https://media.neliti.com). Diakses pada tanggal 30 Okteber 2021.

Malabar, Sayama.(2015) Sosiolinguistik. Gorontalo:Ideas Publishing.

Misfardi.(2020).Pengaruh Keberagaman Dialek Bahasa Aceh terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa Uin Ar-Raniry. Skripsi (internet), (https://repository.ar-raniry). Diakses pada tanggal 29 September 2021.

Putra, Mochamad Rendiana. (2016). Penggunaan Bahasa dalam Keluarga Perkawinan Campuran. Jurnal (internet), (https://media.neliti.com). Diakses pada tanggal 30 Oktober 2021.

Rahmawati. (2013). Kajian Dialektologi Sinkronis. Jurnal (internet), (https://eprints.uny.ac.id/66828/3/Bab%20II.pdf). Diakses pada tanggal 12 Juli 2021.

Ramli dan Erwandi.(2019). Analisis Komperatif Antara Bahasa Jamee Aceh dengan bahasa Minangkabau Asli. Jurnal. Vol 37, No. 1 (internet), (http://ojs.linguistikindonesia.orgarticle). Diakses pada tanggal 20 Maret 2021.

Rizki dan Junaidi.(2020).Pengantar Pembelajaran Bahasa Daerah Aceh.Banda Aceh:Bina Karya Aceh.

Warsiman.(2014).Sosiolinguistik.Malang:UB Press.

Wijana, Dewa Putu.(2021). Pengantar Sosiolinguistik. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v3i1.7238

Article Metrics

 Abstract Views : 175 times
 PDF Downloaded : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats