CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL KIM JI-YEONG, LAHIR TAHUN 1982 KARYA CHO NAM-JOO: TINJAUAN FEMINISME SASTRA

Chairina Chairina, Iba Harliyana, Ririn Rahayu

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini berjudul Citra Perempuan dalam Novel Kim Ji-Yeong, Lahir Tahun 1982 Karya Cho Nam-Joo: Tinjauan Feminisme Sastra. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan citra perempuan dalam novel Kim Ji-Yeong, Lahir Tahun 1982 karya Cho Nam-Joo yang dikaji dari aspek fisik, psikis, dan sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif. Data dari penelitian ini adalah berupa kutipan kalimat maupun paragraf yang menggambarkan citra tokoh perempuan ditinjau dari ciri fisik, psikis, dan sosialnya. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Kim Ji-Yeong, Lahir Tahun 1982 karya Cho Nam-Joo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel ini total citra perempuan yang ditemukan adalah berjumlah sebanyak 82 yang dibagi menjadi tiga aspek, yaitu aspek fisik berjumlah 11, aspek psikis 38, dan aspek sosial 33.

 

Kata kunci: citra perempuan, novel, tinjauan feminism

Full Text:

PDF

References


Fathurrohmah, Annisa. 2020. Citra Diri Tokoh Perempuan dalam Novel Tempurung Karya Oka Rusmini. Skripsi (internet). (http://eprints.umm.ac.id). diakses tanggal 6 November 2020.

Handrianah, Evi. 2018. “Citra Diri Perempuan dalam Novel Padang Bulan Karya Andrea Hirata”. Skripsi (internet). (http://eprints.umm.ac.id). diakses tanggal 6 November 2020.

Herianti, Ika. 2019. “Citra Perempuan dal am Novel Suti Karya Sapardi Djoko Damono (Kajian Kritik Sastra Feminisme)”. Skripsi (Internet). (Htpp:// Digilibadmin.Unismuh.Ac.Id). diakses tanggal 30 Agustus 2020.

Muhammad. 2014. Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Nugroho, Dede Indra Wahyu. 2020. “Citra Perempuan dalam Novel Hati Suhita Karya Khilma Anis dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma”. Skripsi (Internet). (http://Repository.Upstegal.Ac.id). diakses Tanggal 21 Agustus 2020.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Septilina, Priza Adhe. 2013. “Citra Tokoh Utama Perempuan dan Ketidakadilan Gender dalam Roman Leyla Karya Feridun Zaimoglu: Analisis Kritik Sastra Feminis”. Skripsi (internet). http://scholar,google.com). diakses tanggal 1 Januari 2021.

Setiarni, Nugraheni Ambar. 2012. “Ketidakadilan Gender dalam Novel Madame Kalinyamat Karya Zhaenal Fanani: Tinjuan Sastra Feminis”. Skripsi (Internet). (Http://Eprints.Ums.Ac.Id). diakses tanggal 21 Agustus 2020.

Zulianah, Zeti. 2018. “Citra Perempuan Jawa dalam Novel Surga Yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadia”. Skripsi (Internet). (http://scholar,google.com). diakses tanggal 21 Agustus 2020




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v3i1.7236

Article Metrics

 Abstract Views : 179 times
 PDF Downloaded : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats