NILAI PERJUANGAN TOKOH UTAMA PADA NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA

Febri Nazira, Iba Harliyana, Rasyimah Rasyimah

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai perjuangan tokoh utama pada novel Guru Aini karya Andrea Hirata: tinjauan sosiologi sastra. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data penelitian ini ialah berupa kutipan paragraf, dialog, dan kalimat  teks novel Guru Aini karya Andrea Hirata yang mengandung nilai perjuangan tokoh utama. Sumber data penelitian ini ialah novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik baca dan catat. Adapun hasil penelitian yang ditemukan adalah berupa nilai perjuangan tokoh utama pada novel Guru Aini karya Andrea Hirata yang berjumlah 53 data yang terbagi menjadi 5 bagian,  yaitu: (1) nilai rela berkorban berjumlah 9 data, (2) nilai harga menghargai berjumlah 4 data, (3) nilai sabar berjumlah 9 data, (4) nilai semangat pantang menyerah berjumlah 26, dan (5) nilai kerja sama berjumlah 5 data.

 

Kata kunci: nilai perjuangan, tokoh utama, novel, sosiologi sastra

Full Text:

PDF

References


Devianti, Yunita, 2019. Perjuangan Cinta Tokoh Utama pada Novel Kisah Terlarang (Jangan Pisahkan Kami) Karya Kemas Rachyuanda P. Tinjauan Psikologi Sastra. Skripsi (Internet). (http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/14832). diakses tanggal 10 januari 2021.

Hayati, Nurul. 2019. Analisis Konflik Batin pada Tokoh Utama Novel Cinta Kala Perang Karya Masriadi Sambo. Skripsi. Aceh Utara: Universitas Malikussaleh.

Hirata, Andrea. 2020. Guru Aini. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Moeloeng, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Mutiari, 2020. Nilai Pendidikan dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata dan Implikasinya dengan Materi Pembelajaran Sastra Tinjauan Sosiologi Sastra SMK Nusantara 1. Skripsi (internet). (http://siasat.fkip-umt.ac.id/siasat fkipumt.net/assets/pdf). diakses tanggal 11 Oktober 2021.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Khuta. 2011. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanusi, Achmad. 2017. Sistem Nilai: Alternatif Wajah-wajah Pendidikan. Bandung: Nuansa Cendikia.

Wahyuningtyas, Sri & Santosa, H. W. 2011. Sastra Teori dan Implementasi. Surakarta: Yuma Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v3i1.7235

Article Metrics

 Abstract Views : 257 times
 PDF Downloaded : 661 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats