PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA ULANG BIOGRAFI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 LHOKSEUMAWE

Niki Aulia, Sayni Nasrah, Safriandi Safriandi

Abstract


ABSTRAK                                                       

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Ada atau tidaknya pengaruh media audiovisual terhadap kemampuan menulis cerita ulang biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Lhokseumawe, 2) Respons siswa kelas X SMA Negeri 2 Lhokseumawe terhadap pembelajaran menulis cerita ulang biografi dengan menggunakan media audiovisual. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Lhokseumawe. Sampel penelitian yakni kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 22 siswa dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan media audiovisual lebih tinggi dari hasil belajar siswa menggunakan metode konvensional. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 65,45 dan tes akhir 80,91 sedangkan kelas kontrol nilai tes awal 65,68 dan nilai tes akhir 70,68. Teknis analisis data yang digunakan adalah SPSS 18. Hasil analisis dengan uji – t pre-test dan post-test kelas eksperimen menunjukkan nilai t sebesar -5,301 dan sig. 0,000. Nilai sig menyatakan < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan ada terdapat perbedaan yang signifikan dari menulis cerita ulang biografi kelas eksperimen yang menggunakan media audiovisual. Kemudian hasil perhitungan uji – t pre-test dan post-test kelas kontrol menunjukkan bahwa t sebesar -1,921 dan sig. 0,062 dan nilai sig ≥ 0,05 maka Ha ditolak dan Ho diterima, dapat disimpulkan tidak ada perbedaan yang signifikan dari hasil pre-test dan post-test pada kelas kontrol. Hasil respons siswa belajar menggunakan media audiovisual sebanyak 90% siswa memberikan respons positif dapat dikatakan siswa lebih tertarik belajar mengunakan media audiovisual dan mempermudah siswa dalam pembelajaran menulis. Maka dapat disimpulkan bahwa media audiovisual berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerita ulang biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Lhokseumawe.

Kata kunci: Media AudioVisual, Teks Cerita Ulang Biografi

Full Text:

PDF

References


Amalina, Nur. 2015. “Pengaruh Media AudioVisual Terhadap Kemampuan Mendeklamasikan Puisi Pada Siswa Kelas VII SMP Yayasan Miftahul Jannah”. Skripsi. (Internet), (http://repository.uinjkt.ac.id). diakses tanggal 31 Januari 2020.

Dalman, H. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. (2016). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Endrayanto dan Wahyu Harumurti. 2014. “Aplikasi Rubrik untuk Penilaian Belajar Siswa”. Yogyakarta: PT Kanisius.

Kosasih. (2014). “Jenis-Jenis Teks”. Bandung: Yrama Widya.

Kharisma, Nur Ixsanie Putri. (2018). “Pengembangan Media AudioVisual Untuk Pembelajaran Menyimak Bahasa Prancis Kelas XI SMA/SMK”. Skripsi. (Internet), (http://eprints.uny.ac.id). diakses tanggal 21 Januari 2020.

Lindo, I wayan Putra.(2019). “Kemampuan Menulis Teks Cerita Ulang Biografi Tokoh Pada Siswa Kelas X Akomodasi Perhotelan 3 Di SMKN 1 Palu”. Jurnal Bahasa dan Sastra, Volume 4 No. 4. Hal. 104, (http://jurnal.untad.ac.id). diakses 27 Juli 2020.

Maryanto, dkk. (2014). Bahasa Indonesia Ekspredisi Diri dan Akademik. Jakarta: Kemendikbud.

Maulida, Kurnia Tri. (2018). “ Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI AT Thohiriyyah Kecamatan Pedurungan Kota Semarang”. Skripsi. (Internet), (http://eprints.walisongo.ac.id). diakses tanggal 31 Januari 2020.

Nengsih, Widia. (2018). “Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN 3 Sawah Lama Bandar Lampung”. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sukirman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitia Pendidikan. Bandung: Alabeta.

Suherli, dkk. (2017). Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Triswadani. (2017). “Pengaruh Penggunaan Meda AudioVisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD Bandar Lampung”. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Wati, Ega Rima. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v2i2.5472

Article Metrics

 Abstract Views : 267 times
 PDF Downloaded : 129 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats