ANALISIS UNSUR RELIGIUS DALAM NOVEL TEMPAT PALING SUNYI KARYA ARAFAT NUR

Zuhriati Zuhriati, Emilda Emilda, Maulidawati Maulidawati

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur religius dalam novel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik baca-catat. Adapun teknik analisis data menggunakan content analysis (analisis isi). Data yang diambil dalam penelitian ini adalah berupa potongan kalimat yang terindikasi mengandung unsur religius yang terdapat dalam novel Tempat Paling Sunyi Karya Arafat Nur. Sumber data penelitian ini adalah novel Tempat Paling Sunyi Karya Arafat Nur yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama, tahun 2015 di Jakarta, yang berjumlah 328 halaman. Hasil penelitian menunjukkan novel Tempat Paling Sunyi mengandung tiga unsur religius berupa akidah, ibadah dan akhlak yang berjumlah 49 data. Unsur akidah berjumlah 19 data, unsur ibadah berjumlah 12 data dan unsur religius akhlak berjumlah 18 data.

 

Kata Kunci: Unsur, Religius, Novel

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Cristiyanti. Listya. Reni. 2017. “Nilai Religius Novel Love Spark In Korea Karya Asma Nadia dan Skenario Pembelajaran Pada Siswa Kelas XII SMA”. Skripsi (Internet). (http://e-repository.umpwr.ac.id). diakses tanggal 12 Febuari 2020.

Darwin, dkk. 2015. Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi. Gorontalo. Ideas Publishing. (internet). (http://books repository. ung.ac.id). diakses tanggal 25 Agustus 2020.

Nafilah, Ila. 2019. “Unsur-Unsur Religius dalam Cerpen Sejuta Langkah Mendaki Mimpi Karya Dian Rahayu”. Jurnal No.02, Vol.11 (Internet) (http://journal. lppmunindra.ac.id). diakses tanggal 22 Febuari 2021.

Nur, Arafat. 2015. Tempat Paling Sunyi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yoyakarta: Gadjah Mada University Press.

Setyaningsih, Isya. 2016. “Analisis Unsur Religius Pada Novel Titian Nabi Karya Muhammadiyah Masykur A.R. Said”. Skripsi (Internet) (https://repository.iainpurwokerto.ac.id). diakses tanggal 27 Januari 2020.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v2i2.5470

Article Metrics

 Abstract Views : 329 times
 PDF Downloaded : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats