KESANTUNAN BERBAHASA SOPIR DAN KONDEKTUR DI LINGKUNGAN TERMINAL LHOKSEUMAWE

Irda Irda, Emilda Emilda, Maulidawati Maulidawati

Abstract


ABSTRAK

 

Manusia dituntut menyampaikan pikiran atau gagasan dengan memperhatikan tata cara berkomunikasi atau norma yang berlaku di suatu lingkungan dalam melangsungkan interaksi. Salah satu aturan yang dipegang oleh setiap masyarakat tutur adalah kesantunan berbahasa. Dalam beberapa kasus, sering terdapat pelanggaran kesantunan berbahasa. Pelanggaran tersebut terjadi karena penutur atau mitra tutur melanggar prinsip kesantunan berbahasa, sehingga bahasa yang dihasilkan dianggap tidak santun. Kesantunan berbahasa dapat ditemukan di berbagai tempat yang di dalamnya terdapat masyarakat tutur. Salah satu di antaranya adalah terminal bus di Lhokseumawe. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud kesantunan berbahasa dan penyimpangan kesantunan berbahasa yang dilakukan oleh sopir dan kondektur di lingkungan terminal Lhokseumawe. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah wujud kesantunan berbahasa dan tuturan yang melanggar maksim kesantunan berbahasa. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan yang disampaikan oleh sopir dan kondektur di lingkungan terminal Lhokseumawe. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) wujud kesantunan berbahasa sebanyak 188 data, 31 diantaranya tidak memenuhi wujud kesantunan berbahasa, dan 152 lainnya memenuhi wujud kesantunan berbahasa; dan 2) penyimpangan kesantunan berbahasa sebanyak 29 data terdiri dari 2 data penyimpangan maksim kearifan atau kebijaksanaan, 4 data penyimpangan maksim kedermawanan, 15 data penyimpangan maksim pujian, 2 data penyimpangan maksim kerendahan hati, 4 data penyimpangan maksim kesepakatan, dan 2 data penyimpangan maksim kesimpatian.

 

Kata kunci: bahasa, kesantunan bahasa, maksim, terminal, sopir, kondektur

Full Text:

PDF

References


Alviah, I. (2014). Kesantunan berbahasa dalam tuturan novel Para Priyayi karya Umar Kayam. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2).

Anggraini, Novi, Ngudining Rahayu, dan Bambang Djunaidi. 2019. “Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Kelas X Man 1 Model Kota Bengkulu”. Jurnal Ilmiah Korpus, (Online). Vol.3, No.1, (https://ejournal.unib.ac.id). diakses tanggal 20 Februari 2020.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2014. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta

Elra, Y. M. (2020). Kesantunan Berbahasa Sopir, Calo, Dan Penumpang Di Lingkungan Terminal Bus Antarkota Di Kabupaten Solok Selatan: Tinjauan Pragmatik. Universitas Andalas.

Febriasari, D., & Wijayanti, W. (2018). Kesantunan berbahasa dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(1), 140–156.

Fitria, Rima. 2018. “Tindak Tutur dalam Transaksi Jual Beli Perlengkapan Wanita di Daring Instagram”. Skripsi (Internet), (https://repository.unej.ac.id/). diakses tanggal 18 Januari 2021

Fahmi, Iwan. 2016. “Ketidaksantunan Berbahasa Indonesia dalam Sidang Paripurna DPR RI Berdasarkan Prinsip Kesantunan Leech”. Skripsi (Internet), (https://repository.unej.ac.id/). diakses tanggal 29 Oktober 2020.

Jauhari, Ade. 2017. “Realisasi Kesantunan Berbahasa dalam Proses Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Kelas XI SMK”. Jurnla Ling Tera, (Online). Vol.4, No.2, (https://journal.uny.ac.id/). diakses tanggal 18 Februari 2021

Maulidi, A. (2015). Kesantunan Berbahasa Pada Media Jejaring Sosial Facebook. BAHASANTODEA, 3(4).

Metri, Elra Yulia. 2020. “Kesantunan Berbahasa Supir, Calo dan Penumpang di Lingkungan Terminal Bus Antar Kota di Kabupaten Solok Selatan :Tinjauan Pragmatik”. Skripsi (Internet), (http://scholar.unand.ac.id/). diakses pada tanggal 20 Februari 2020.

Mislikhah, S. (2020). Kesantunan berbahasa. Ar-Raniry, International Journal of Islamic Studies, 1(2), 285–296.

Moa, L., Syafruddin, S., & Azis, S. A. (2018). Kesantunan Berbahasa di Lingkungan Terminal. Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M).

Nurjamily, W. O. (2015). Kesantunan berbahasa indonesia dalam lingkungan keluarga (kajian sosiopragmatik). Jurnal Humanika, 3(15).

Rahardi, Kurjana. 2020. Pragmatik: Konteks Ekstralinguistik dalam Perspektif Cyberpragmatis. Yogyakarta: Amara Books

Rahmawati, R. (2014). Analisis Kesantunan Berbahasa di Lingkungan Terminal Sekitar Wilayah Bojonegoro dengan Prinsip Kesantunan Leech. Edu-Kata, 1(2), 149–158.

Suhartono. 2020. Pragmatik Konteks Indonesia. Gresik: Giranti

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sunendar, Dadang. 2019. “Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima”. Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (Daring), (https://kbbi.kemdikbud.go.id).

Yunianto, Andreas Dwi. 2017. “Bentuk Tindak Tutur Ilokusi dalam Program Sentilan Sentilun”. Skripsi (Internet), (https://repository.usd.ac.id/). diakses tanggal 18 Januari 2021




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v2i2.5465

Article Metrics

 Abstract Views : 200 times
 PDF Downloaded : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats