BENTUK PENYAMPAIAN MORAL DALAM NOVEL BULAN KERTAS KARYA ARAFAT NUR

Siti Nurhaliza, Radhiah Radhiah, Masithah Mahsa

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penyampaian moral dalam novel Bulan Kertas karya Arafat Nur. Bentuk penyampaian moral terbagi atas dua, yaitu bentuk penyampaian langsung dan bentuk penyampaian tidak langsung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan objektif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca catat. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa bentuk penyampaian langsung dalam novel Bulan Kertas karya Arafat Nur dilihat dari uraian pengarang dan uraian tokoh, sedangkan bentuk penyampaian tidak langsung dilihat dari peristiwa dan konflik. Jumlah data bentuk penyampaian langsung yaitu 23 data yang terdiri dari 5 data berupa uraian pengarang dan 18 data berupa uraian tokoh. Data dari bentuk penyampaian tidak langsung berjumlah 21 data yang terdiri dari 6 data berupa persitiwa dan 15 data berupa konflik.

Keywords


novel Bulan Kertas, bentuk penyampaian moral, langsung, tidak langsung

Full Text:

PDF

References


Editorial, Padi. (2013). Kumpulan Super Lengkap Sastra Indonesia: Puisi, Pribahasa, Pantun, Majas, Profil Sastrawan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Januarini, Windri Septi. (2013). Nilai Moral dalam Novel Tetralogi Laskar Pelangi Karya Andre Hirata. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Muhammaddiyah Malang

Kosasih. (2012). Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yharma widya.

Kurniadi, Aluisius Titus. (2019). Analisis Nilai Moral dan Nilai Sosial Dalam Novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye Dan Implementasinya. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bahasa dan Seni Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nur, Arafat. (2017). Bulan Kertas. Jakarta: Gramedia.

Nurgiantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Nurgiantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Tarigan, Guntur. (2011). Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa

Wahida, Karima Nur. (2017). Analisis Pesan Moral dalam Novel Surga Yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadia. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makasar.

Wicaksono, Andri. (2014). Pengkajian Prosa Fiksi. Bandar lampung: Garudhawaca




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v2i1.4689

Article Metrics

 Abstract Views : 390 times
 PDF Downloaded : 62 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats