KORELASI MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KECAMATAN DEWANTARA KABUPATEN ACEH UTARA

Zahraini Zahraini, Iba Harliyana, Ririn Rahayu

Abstract


ABSTRAK

 

Skripsi ini berjudul “Korelasi Minat Baca dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara minat baca dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Adapun teknik tes menggunakan soal dan teknik non tes menggunakan angket. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat korelasi antara minat baca dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara. Nilai rata-rata minat baca adalah 66 dan termasuk dalam kategori cukup. Nilai rata-rata prestasi belajar adalah 37 dan termasuk dalam kategori gagal. Hasil perhitungan korelasi menunjukkan bahwa r hitung = 0,100 berada pada rentang 0,00-0,199 dengan besar korelasi yang sangat rendah (tidak berkorelasi). Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig. menunjukkan 0,499 ≥ 0,05 dengan keputusan H0 diterima dan Ha ditolak. Selanjutnya, penyebab hasil korelasi menjadi sangat rendah dipengaruhi oleh keadaan menjawab angket secara terburu-buru dan dari pemanfaatan waktu luang siswa yang tidak dimaksimalkan untuk kegiatan membaca.

Keywords


Minat Baca, Prestasi Belajar, Siswa

Full Text:

PDF

References


Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Grafindo Persada.

Eriyanti, Desi. 2017. “ Hubungan Antara Minat Baca dengan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Sukajawa Kota Bandar Lampung”. Skripsi (daring), (digilib. uniila.ac.id). diakses tanggal 27 Desember 2019.

Mughfiroh. 2016. “Pengaruh Minat Baca Terhadap Hasil Belajar PKN Materi Menghargai Keputusan Bersama di Kelas V MI Miftahus Sibyan Tugu Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016” Skripsi. (daring), (eprints.walisongo.ac.id). diakses tanggal 4 Desember 2020.

Oktaviani, Meri Eka. 2017. “Korelasi Minat Baca Terhadap Membaca Pemahaman pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI MIN 1 Lampung Selatan”. Skripsi. (daring), (http:// repository. radenintan.ac.id). diakses tanggal 27 Desember 2019.

Solikhah, Indarti Anis. 2016. “Hubungan Minat Baca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Gugus Dipayuda Kecamatan Banjarnegara Kabupaten Banjarnegara”. Skripsi. (daring), (lib. unnes.ac.id). diakses tanggal 27 Desember 2019.

Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v2i1.4688

Article Metrics

 Abstract Views : 806 times
 PDF Downloaded : 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats