ANALISIS KEEFEKTIFAN KALIMAT DALAM SKRIPSI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

Nurmaya Sari, Syahriandi Syahriandi, Rani Ardesi Pratiwi

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan kalimat dalam skripsi mahasiswa Prodi Pendidikan Universitas Malikussaleh. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan dan pendekatan deskriptif. Penggunaan pendekatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan data selengkap-lengkapnya secara jelas dan lugas. Data penelitian ini adalah kalimat tidak efektif yang terdapat dalam skripsi mahasiswa Prodi Pendidikan Universitas Malikussaleh. Sumber data dalam penelitian ini adalah skripsi mahasiswa Prodi Pendidikan Universitas Malikussaleh yang dicetak pada tahun 2019.  Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan empat tahap, yaitu (1) mengumpulkan sampel dan mengidentifikasi kesalahan, (2) mengklasifikasi data, (3) mendeskripsikan kesalahan, dan (4) mengevaluasi dan menyimpulkan kesalahan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah kalimat tidak efektif yang terdapat dalam skripsi mahasiswa Prodi Pendidikan Universitas Malikussaleh yang lulus pada tahun 2019 adalah 339 kalimat. Rincian pengklasifikasian kesalahan kalimat tersebut, yaitu kalimat tidak efektif yang disebabkan oleh kekeliruan bentukan bagian kalimat, kesalahan struktur pengungkapan dan kepaduan kalimat, dan kesalahan penggunaan kata meliputi pemborosan kata, penggunaan bahasa yang tidak tepat, dan  penggunaan bahasa yang bermakna ambigu.


Keywords


analisis, keefektifan kalimat, skripsi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Jakarta: Rineka Cipta.

Febriantika, Reza. 2016. “Keefektifan Kalimat Pada Tajuk Rencana Surat Kabar Harian Lampung Post Edisi Maret 2015 dan Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK”. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.

Jehamin, Emilinda Oktaviani. 2019. “Analisis Ketidakefektifan Peggunaan Kalimat Pada Abstrak Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Sanata Dharma Lulusan Tahun 2017”. Skripsi, Yogyakarta:Universitas Sanata Dharma.

Kusmiyati, Indri. 2016. “Penggunaan Kalimat Efektif Pada Soal Latihan dalam Buku Paket Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Karya Mariati Nugroho dan Sutopo”. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Parto. 2018. “Kalimat Efektif dan Pengajarannya di SMP/MTs Pada Era Global”. Jember: PS PBSI FKIP Jember

Putrayasa, Ida Bagus. 2010 Kalimat Efektif: Diksi Struktur, dan Logika Edisi Revisi. Bandung: Revika Aditama.

Sasangka, Sry Satriya Tjatur Wisnu. 2014. Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia Kalimat. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pemasyarakatan Badan Pengembangan dan Pembinaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Riana, Rati. 2013. Ketidakefektifan Kalimat Pada Penulisan Skripsi. Semarang: Semarang University Press.

Syahriandi. 2016. Sintaksis Bahasa Indonesia. Aceh Utara: FKIP Unimal.

Syahriandi. 2018. Sintaksis Bahasa Indonesia Pemahaman Objek Kajian. Lhokseumawe:. Seva Bumi Persada.

Syahriandi dan Radhiah. 2019. Terampil Menulis Ilmiah.Lhokseumawe: Seva Bumi Persada.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Zulmaliza, Septia Nita. 2018. “Analisis Keefektifan Kalimat Pada Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Unsyiah”. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v2i1.4687

Article Metrics

 Abstract Views : 134 times
 PDF Downloaded : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter