ANALISIS MAKNA IMPLIKATUR DALAM WACANA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PADA MEDIA SOSIAL

Novita Sari, Radhiah Radhiah, Safriandi Safriandi

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikananalisiswacanaberupaimplikaturdalamiklanlayananmasyarakatpada media sosial. Iklanlayananmasyarakatpadapenelitianinidiperolehdari 10 akun, terdiriatas 1 akunorganisasianakdan 9 akunkementerian Indonesia yang dibatasipadaJanuari 2020. Jenispenelitianiniadalahkualitatifdenganpendekatandeskriptif. Data padapenelitianiniberupa kata, frasa, klausa, sertakalimat yang mengandungmaknaimpilkaturdalamiklanlayananmasyarakatpada media sosial. Sumber data penelitianiniadalahiklanlayananmasyarakatpada media sosial. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahteknikdokumentasi. Hasilpenelitian yang diperolehadalahmaknaimplikatursebanyak 3 makna, yakniimbauan (ajakan), larangan (sindiran) danperingatan.

 

Kata Kunci: AnalisisWacana, IklanLayananMasyarakat, Implikatur


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ariani, Ida Ayu Putu Nikke Widhi dkk. 2016. “Implikatur Pada Iklan Layanan Masyarakat”. Jurnal JPBSI Undiksha, (Online). Vol.4, No.2, (https://ejournal.undiksha.ac.id). diakses pada 21 Desember 2019.

Nadar, F.X. 2009. Pragmatik dan Peneitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahmayanti, Utari. 2016. “Analisis Wacana Iklan Layanan Masyarakat pada Harian Kompas Edisi Agustus 2015”. Skripsi (Internet), (http://repository.ump.ac.id). diakses tanggal 4 Desember 2019.

Santoso, Hari. 2015. “Upaya Meningkatkan Minat dan Budaya Membaca Buku Melalui Iklan Layanan Masyarakat”. Artikel (Online). Jilid-, No.-, (http://library.um.ac.id). diakses tanggal 13 Desember 2019.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R dan D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. MetodePenelitianKualitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v1i1.3410

Article Metrics

 Abstract Views : 223 times
 PDF Downloaded : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter