ANALISIS PERBEDAAN PEMEROLEHAN BAHASA ANAK LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN USIAN 2-5 TAHUN DI GAMPONG COT SEUTUI, KECAMATAN KUTA MAKMUR, KABUPATEN ACEH UTARA

Mutia Mutia, Safriandi Safriandi, Maulida Maulida

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan pemerolehan bahasa antara anak laki-laki dan perempuan pada usia 2-5 tahun di Gampong Cot Seutui, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian ini adalah kata dan kalimat dari tuturan bahasa anak usia 2-5 tahun yang menjadi objek penelitian. Sumber data penelitian ini adalah anak-anak yang berusia 2-5 tahun di Gampong Cot Seutui, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data perbedaan pemerolehan bahasa diantaranya pada pengucapan satu kata, yaitu kata /mama/, anak perempuan mengucapkan /ma/, sedangkan anak laki-laki mengucapkan /mak/. Hal tersebut terdapat perbedaan dalam pelafalannya, pada kata /ma/ yang diucapkan oleh anak perempuan dihilangkan fonem /m/ dan /a/ serta tidak ada penambahan fonem /k/, sedangkan pada pengucapan anak laki-laki dihilangkan fonem /m/ dan /a/ serta terdapat penambahan fonem /k/ di akhir kata.

Keywords


Kata kunci: bahasa, pemerolehan bahasa, perbedaan pemerolehan bahasa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Jakarta: Rineka Cipta.

Anshari, Mukhlis. 2018. “Akuisisi Bahasa Arab Pada Tataran Gramatika dan Rasa Bahasa Bagi pembelajar Non Arab”. Journal Al- Fathin, VOL I.

Anggaira, Aria Septi. 2016. “Pemerolehan Fonologi dan Metasesis: Studi Kasus Pada Anak Usia 2 Tahun 10 Bulan”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol 16 No 2.

Arifuddin. 2010. Neuropsikolinguistik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Amri, Zul. 2017. "Perbedaan Bahasa Siswa Laki-laki dan Perempuan: Sebuah Studi Kasus di Kelas V SDN 09 Air Tawar Barat Padang Sumatera Barat." Jurnal Lingua Didaktia, Vol 3 Edisi 1.

Annas, Azwar. 2019. “Akuisis Bahasa Kedua Pada Anak Usia 4-5 Tahun di RA Manafiul Ulum Kudus”. Jurnal Thufula, Vol 7 No 2.

Chairunnisa. 2018. “Pemerolehan Bahasa Pada Bayi dan Anak”. Jurnal Cakrawala Dini, Vol 9 No 2.

Dardjowidjojo. 2012. Psikolinguistik: Pengantar pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Fatmawati, Suci R. 2015. “Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik.” Lentera: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi, Vol 17 No 1.

Harras, Kholid A dan Bachari, Andika Dutha. 2009. Dasar-dasar Psikolinguistik. UPI PRESS: Jakarta.

Hidayah, Nurul. 2019. “Peluang dan

Tantangan Pemerolehan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua”. Jurnal Taqdir hlm 65-76.

Kuntarto. 2017. Memahami Konsep

Psikolinguistik. FKIP Universitas Jambi.

Latip, Muhammad Abdul. 2015. “Analisis Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 2-3 Tahun di Desa Ungga, Kecamatan Praya Barat Daya Lombok Tengah-Kajian Fonologi dan Leksikon”. Skripsi. Universitas Mataram.

Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muradi, Ahmad. 2018. "Pemerolehan Bahasa dalam Perspektif Psikolinguistik dan Al-quran". Jurnal Tarbiyah, Vol 7 No 2.

Mushaitir. 2016. “Pemerolehan Sintaksis (B1) Bahasa “Sasak” Pada Anak Usia 4-6 Tahun di Lombok Timur Melalui Permainan Tradisional”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol 16 No 1.




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v4i1.12406

Article Metrics

 Abstract Views : 139 times
 PDF Downloaded : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats