ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM TUTURAN SISWA DI MTSS JABAL NUR PALOH LADA KABUPATEN ACEH UTARA

Melly Yanti, Syahriandi Syahriandi, Ririn Rahayu

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini berjudul “Alih Kode dan Campur Kode dalam Tuturan Siswa di MTsS Jabal Nur Paloh Lada Kabupaten Aceh Utara”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk alih kode dan campur kode dalam tuturan siswa di MTsS Jabal Nur serta faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode dalam tuturan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan siswa MTsS Jabal Nur yang mengandung alih kode dan campur kode. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa di MTsS Jabal Nur Paloh Lada Kabupaten Aceh Utara. Teknik pengumpulan data peneltian ini adalah teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, klasifikasi data, deskripsi data, dan simpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat 4 percakapan alih kode yang terbagi menjadi 3 data alih kode intern dan 1 alih kode ekstern. Bentuk campur kode yang terdapat dalam tuturan siswa ditemukan sebanyak 28 percakapan. Data tersebut terdiri dari 184 data bentuk campur kode berwujud kata, 12 data bentuk campur kode berwujud frasa, dan 1 data campur kode berwujud klausa. Faktor penyebab terjadinya alih kode yaitu kehadiran orang ketiga dan berubahnya topik pembicaraan. Faktor penyebab terjadinya campur kode yaitu mitra bicara dan pembicara dan pribadi pembicara.

 

Kata kunci : alih kode, campur kode, tuturan.

Full Text:

PDF

References


Akhii, Laiman, dkk. 2018. Campur Kode dan Alih Kode dalam Percakapan di Lingkup Perpustakaan Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus. Volume II, Nomor I, April 2018. Hal 45-55.

Amaliani, Shofi. 2020. Alih Kode dan Campur Kode pada Proses Belajar di TK Pertiwi Longkeyang Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi (Internet). (http://repository.upstegal.ac.id). diakses 20 Januari 2022.

Ani, Fitri. 2022. Campur Kode dan Alih Kode pada Masyarakat Desa Ketambe Kabupaten Aceh Tenggara. Skripsi tidak diterbitkan.Lhokseumawe. Universitas Malikussaleh.

Aslinda dan Leni Syafyahya. 2014. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama.

Asmiati. 2019. Alih Kode Campur Kode pada Masyarakat Bilingualisme di Desa Bonea Timur Kabupaten Kepulauan Selayar: Kajian Sosiolinguistik. Skripsi (Internet). (https://digilibadmin.unismuh.ac.i d). diakses 24 Desember 2021.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2018. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesian (KBBI). Jakarta: Gramedia Utama.

Malabar, Sayama. 2015. Sosiolinguistik. Gorontalo: Ideas Publishing.

Marni, Ila. 2019. “Alih Kode dan Campur Kode dalam Bertutur Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Malikussaleh”. Skripsi tidak diterbitkan. Lhokseumawe: Universitas Malikussaleh.

Munandar, Aris. 2018. Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Masyarakat Terminal Mallengkeri Kota Makassar. Artikel (Internet). (http://eprints.unm.ac.id). diakses 24 Desember 2021.

Rahardi, Kunjana, dkk. 2018. Pragmatik. Jakarta: Erlangga.

Sukmana, Ayu Andini, dkk. 2021. Penggunaan Alih Kode dan Campur Kode dalam Acara MataNajwa pada Stasiun Televisi Trans7. Jurnal Kredo. Vol. 5 No. 1 Oktober 2021. Hal 206-220.

Syahriandi. 2018. Sintaksis Bahasa Indonesia. FKIP Unimal: Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Widyaningtias, Risma. 2018. Alih Kode dan Campur Kode dalam Video Blogger (Kajian Sosiolinguistik). Skripsi (Internet). (http://eprints.undip.ac.id). diakses 24 Desember 2021.

Yunus, Mahmud. 2010. Kamus Arab Indonesia. Jakarta: PT. Mahmud Yunus Wa Dzurriyyah.




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v4i1.11418

Article Metrics

 Abstract Views : 80 times
 PDF Downloaded : 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats