KETIDAKADILAN GENDER PADA TOKOH PEREMPUAN DALAM NOVEL SENGKETA RASA KARYA PENABILA: TINJAUAN FEMINISME

Jumitasari Jumitasari, Rasyimah Rasyimah, Masithah Mahsa

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk ketidakadilan gender yang dialami oleh tokoh perempuan dalam novel Sengketa Rasa karya Penabila dari sudut pandang feminisme. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik baca dan teknik catat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kata-kata, kalimat, maupun paragraf yang mengandung bentuk-bentuk ketidakadilan gender pada tokoh perempuan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Sengketa Rasa karya Penabila. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa dalam novel Sengketa Rasa karya Penabila terdapat bentuk-bentuk ketidakadilan gender yang dialami oleh tokoh perempuan, yaitu subordinasi, stereotip, kekerasan dan beban kerja. Dari lima tokoh perempuan dalam novel tersebut, hanya empat tokoh yang mengalami ketidakadilan gender. Sementara, dua tokoh perempuan lainnya tidak mengalami ketidakadilan gender.

 

Kata Kunci: ketidakadilan, gender, perempuan, novel

Full Text:

PDF

References


Ahdiah, I. (2013). Peran-peran Perempuan dalam Masyarakat. Jurnal Academica Fisip Untad. Vol. 05, No. 02. Oktober 2013. Universitas Tadulako Palu.

Al-Ma´ruf, A.I. dan Farida N. (2017). Pengkajian Sastra Teori dan Aplikasi. Surakarta: CV. Djiwa Amarta.

Ariaseli, D. dan Yenny Puspita. (2021). Kajian Feminisme dalam Novel Cinta 2 Kodi Karya Asma Nadia. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, Vol. 4, No. 2, 2021. Universitas Muria Kudus.

Endraswara, S. (2013). Metodologi penelitian Antropologi Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Fakih, M. (2013). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Handayani, T. dan Sugiarti. (2017). Konsep dan Teknik Penelitian Gender. Malang: Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.

Kadir, I. P. (2017). Ketidakadilan Gender yang Dialami Tokoh APerempuan dalam Novel Perempuan Berkalung Sorban Karya Abidah El Khalieqy. Skripsi. Universitas Hasanudin.

Kartikasari, Apri dan Edy S. (2018). Kajian Kesusastraan. Madiun: CV. AE Media Grafika.

Laitupa, M. Y. (2019). Perempuan, Masyarakat Patriarki dan Kesetaraan Gender. Makassar: Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI).

Margani, S.S. dkk. (2018). Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak: Profil Gender Tematik. Sulawesi Selatan: Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Selatan.

Purwanti, A. (2020). Kekerasan Berbasis Gender. Yogyakarta: CV. Bildung Nusantara.

Qonita dan Wiwik N. (2019). Performativitas Gender dan Seksualitas dalam Media di Indonesia. Jurnal Kajian Komunikasi. Vol. 5, No. 2, 2019. Universitas Jenderal Soedirman.

Rahmawati, H. (2020). Eksistensi Perempuan dalam Novel 2 Karya Donny Dhirgantoro: Kajian Feminisme Islam. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Sadat, A. dkk. (2020). Kesetaraan Gender dalam Hukum Islam. Yogyakarta: LKiS.

Santosa, P. (2015). Metodologi Penelitian Sastra: Paradigma, Proposal, Pelaporan, dan Penerapan. Yogyakarta: Adzagrafika.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukerti, N.N. dan Ayu A.A. (2016). Buku Ajar Gender dalam Hukum. Bali: Pustaka Ekspresi.

Syafe’i, I. (2015). Subordinasi Perempuan dan Implikasinya Terhadap Rumah Tangga. Analisis: Jurnal Studi Keislaman. Jurnal Studi Keislaman. Vol. 15, No. 1. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Tresnayani. (2021). Kajian Feminisme Terhadap Novel Tiga Venus Karya Clara Ng dan Relevansinya sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di SMA/SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Vol. 10, No. 1, Maret 2021. Universitas Pendidikan Ganesha.




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v4i1.11413

Article Metrics

 Abstract Views : 145 times
 PDF Downloaded : 177 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats