ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL CINTA YANG TAK BIASA KARYA NATTA REZA DAN WARDAH MAULANA

Juniar Juniar, Iba Harliyana, Maulidawati Maulidawati

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral yang terdapat dalam novel Cinta yang Tak Biasa karya Natta Reza dan Wardah Maulina. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik baca dan teknik catat. Data dalam peneltian ini berupa kalimat dan paragraf yang mengandung nilai moral dalam novel Cinta yang Tak Biasa karya Natta Reza dan Wardah Maulina. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Cinta yang Tak Biasa karya Natta Reza dan Wardah Maulina yang terdiri dari 228 halaman, dan diterbitkan oleh transMedia pada tahun 2017. Adapun hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat nilai moral yang berjumlah 63 data dalam novel Cinta yang Tak Biasa karya Natta Reza dan Wardah Maulina yang dibagi menjadi tiga bagian yaitu: nilai hubungan manusia dengan diri sendiri sebanyak 24 data, nilai hubungan manusia dengan manusia lain sebanyak 19 data, dan nilai hubungan manusia dengan Tuhan sebanyak 20 data.

 

Kata kunci: nilai moral, novel, cinta yang tak biasa

Full Text:

PDF

References


Ahyar, Juni. 2019. Apa itu Sastra Jenis-Jenis Karya Sastra dan Bagaimanakah Cara Menulis dan Mengapresiasi Sastra. Yogyakarta: Deepublish. (internet). (https://repository.unimal.ac.id). diakses tanggal 21 Januari 2022.

Akbar, Muhammad Aidil. 2020. “Analisis Nilai Moral dalam Legenda Mon Seuribe di gampong Parang IX Kecamatan Matangkuli Kabupaten Aceh Utara”. Skripsi. Aceh Utara: Universitas Malikussaleh

Dhien. Cut Nyak. 2021. “Analisis Nilai-Nilai Edukatif dalam Novel Selamat Tinggal Karya Tere Liye”. Skripsi. Aceh Utara: Universitas Malikussaleh

Firwan, Muhammad. 2017. “Nilai Moral dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasrey Basral”. Jurnal Bahasa dan Sastra, volume 2, No 2: 49-60. (Internet). (http://jurnal.untad.ac.id) diakses tanggal 23 Januari 2022.

Hamzah, Muhammad. 2017. “Nilai Edukatif dalam Maha Mimpi Anak Negeri Karya Suyatna P.”. Skripsi (Internet). (http://diglibadmin.unismuh.ac.id). diakses tanggal 20 Desember 2021.

Haslida. 2019. Kajian Apresiai Prosa Fiksi Berbasis Kearifan Lokal Makasar. Makassar: LPP Unimus Maakassar

Herman, Selfiana. 2020. “Nilai Moral dalam Novel Selembar itu Berarti Karya Suryaman A.”. Skripsi (Internet). (http://diglibadmin.unismuh.ac.id) diakses tanggal 20 Desember 2021.

Ilahi, Riatanto. 2021.” Nilai Moral dalam Novel 3000 Detik Karya Charon: Kajian Pragmatik Sastra”. Skripsi (Internet). (http://repository.iainbengkulu.ac.id) diakses tanggal 20 Desember 2021.

Kartikasari, April dan Edy Suprapto. 2018. Kajian Kesusastraan Sebuah Pengantar. Jawa Timur: AE Media Grafika.

Kurniadi, Aluisius Titus. 2019. “Analisis Nilai Moral dan Nilai Sosial dalam Novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin Karya Tere Liye Dan Implementasinya”. Skripsi (Internet). (https://repository.usd.ac.id). diakses tanggal 8 Januari 2022.

Kumalasari, Linda Putri. 2018. “Analisis Moral dalam Novel Selimut Mimpi Karya R. Adrelas Kemungkinannya Sebagai Bahan Ajar SMA”. Skripsi (Internet). (http://lib.unnes.ac.id) diakses tanggal 17 Januari 2022.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogykarta: Gajah Mada University Press

Reza, Natta. Wardah Maulina. 2017. Cinta yang Tak Biasa. Jakarta: transMedika Pustaka

Surbakti, Agintha Kawa Aprilianti. 2019. “Analisis Nilai Moral Tokoh Utama dalam Novel Dua Bersaudara Karya Yu Hua”. Skripsi (Internet). (https://repository.usu.ic.id) diakses tanggal 20 Desember 2021.

Sigiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, Elizabeth. 2017. “Analisis Unsur Instrinsik dan Ekstrinsik Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar Sebagai Sumbangan Materi Bagi Pengajar Sastra”. Skripsi (Internet). (http://repository.um-palembang.ac.id) diakses tanggal 7 Febuari 2022.




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v4i1.11411

Article Metrics

 Abstract Views : 176 times
 PDF Downloaded : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats