KULTUR LINGKUNGAN ALAM DALAM NOVEL HANIYAH DAN ALA DI RUMAH TETERUGA KARYA ERNI ALADJAI

Suci Ayu Latifah, Sutejo Sutejo, Sri Wahyuni

Abstract


ABSTRAK

 

Lingkungan alam merupakan tempat tinggal manusia, binatang, dan tumbuhan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lingkungan alam masyarakat Desa Kon dalam novel Haniyah dan Ala di Rumah Teteruga karya Erni Aladjai. Hal ini dikarenakan novel tersebut lekat dengan kehidupan lingkungan masyarakat petani mengolah alam sebagai sumber kehidupan utama. Bercocok tanam cengkih merupakan bentuk pemanfaatan lingkungan alam tropis di wilayah Indonesia bagian Timur. Karena itu, peneliti menggunakan teori ekologi sastra yang membahas tentang lingkungan dalam karya sastra. Metode penelitian deskriptif kualitatif pustaka dengan teknik analisis isi. Hasil temuan berupa adanya aktivitas masyarakat berkutat dengan lingkungan alam di hutan dan lautan. Masyarakat menanam sayuran, pohon cengkih, cokelat, rempah-rempah, dan tumbuhan bunga. Selain itu, masyarakat juga memelihara binatang ternak. Di lingkungan laut, masyarakat mencari ikan untuk kebutuhan hidup. Kedekatan manusia dengan alam ditandai dengan membaurnya kegiatan sosial di lingkungan alamnya.

Kata Kunci: Lingkungan Alam; Ekologi Sastra; Erni Aladjai.

Full Text:

PDF

References


Afandi, Iswan. 2021. Nilai Kearifan Lingkungan dalam Cerpen Bisikan Tanah Melalui Persepsi Mahasiswa (Studi Ekologi Sastra). Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan, 6 (1):60-76.

Aladjai, Erni. 2021. Haniyah dan Ala di Rumah Teteruga. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Andriyani, Noni dan Wilda Srihastuty. 2019. Kritik Sastra Ekologis Terhadap Novel-Novel Terbaru Indonesia. Jurnal GERAM (Gerakan Aktif Menulis, 7 (1).

Arbain Armini. 2020. Alam Sebagai Media Kehidupan Manusia Dalam Novel Kubah Di Atas Pasir Kajian Ekologi Sastra. Jurnal Puitika, 16 (1).

Endraswara, Suwardi. 2016. Metodologi Penelitian Ekologi Sastra: Konsep, Langkah, dan Penerapan. Jakarta: PT BUKU SERU.

Hidayat, Komaruddin. 2013. Ungkapan Hikmah: Membuka Mata Menangkap Makna. Jakarta Selatatan: Penerbit Noura Books.

Koentjaraningrat. 2009 (Ed.). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Latifah, Suci Ayu, Muhajir, dan Sutejo. 2022. Sistem Organisasi Masyarakat Desa Kon dalam Novel Haniyah dan Ala di Rumah Teteruga Karya Eni Aladjai. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 11(2).

Sudikan, Setya Yuwana. 2016. Ekologi Sastra. Lamongan: CV. Pustaka Ilalang Group.

Widianti, Ande Wina. 2017. Kajian Ekologi Sastra dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2014 Di Tubuh Tarra dalam Rahim Pohon. Jurnal Diksatrasia, (Online), 1 (2):1-9.




DOI: https://doi.org/10.29103/jk.v4i1.11409

Article Metrics

 Abstract Views : 130 times
 PDF Downloaded : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats