PROMOSI OBJEK WISATA PANTE PANGAH GAMPONG IERHOB KECAMATAN GANDAPURA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN

Ekayanti Ekayanti, M Satria Deddy

Abstract


Penelitian ini berjudul “Promosi Objek Wisata Pante Pangah Gampong Ie Rhob Kecamatan Gandapura dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan”. Lokasi penelitian Desa Ie Rhob Kecamatan Gandapura. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tentang Komunikasi Pemasaran Objek Wisata Pante Pangah Gampong Ie Rhob dalam promosi wisata Pante Pangah di Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen yang mengandung unsur element Marketing Mix 4P dan  Model AIDA dan hambatan-hambatan dalam pengembangan pariwisata Gampong  Ie Rhob dalam Promosi wisata Pante Pangah di Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk memperoleh data dan informasi yang lengkap dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data berupa

observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisa data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaankomunikasi pemasaran wisata Pante Pangah yang sesuai digunakan dalam promosi objek wisata yaitu menunjukkan penggunaan model A.I.D.A serta  menggunakan Bauran Pemasaran. Hambatan –hambatan dalam pengembangan wisata Pante Pangah adalah kurangnya biaya untuk promosi, pemanfaatan mediapromosi dan kinerja yang belum sesuai dengan tupoksi.


Keywords


Promosi, wisata, komunikasi pemasaran, model A.I.D.A

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yusuf Zainal. (2015), Manajemen Komunikasi. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Abubakar, Rusydi (2018), Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta. Abdurrahman, Herdiana Nana. (2015). Management Strategi Pemasaran. Bandung : Cv Pustaka Setia.

Aditiawarman, Mac, dkk. (2019), Hoax Dan Hate Speech Di Dunia Maya. Lembaga Kajian Aset Budaya Indonesia Tonggak Tuo.

Arief, Al M. Nur Rianto (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

Angipora, P Marius. (2002). Dasar-Dasar Pemasaran Edisi Kedua. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Ardianto, Elvinaro (2011). Metode Penelitian Untuk Public Relatios Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya Bandung.

Arikunto, Suharsimim H. (2006). Dasar-dasar evaluasi. Cet VI. Jakarta: PT Bumi Askara.

Banurea, Netti. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pemuda Olahraga Dan Pariwisata Kota Subulussalam Dalam Mempromosikan Objek Wisata. Skripsi. Universitas Malikussaleh.

Burkat, A. J and S. Medlik.(2001). Tourism: Past, Present And Future. London United Kindom.

Cangara, Hafied. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Effendy, Onong Uchana. (2003). Ilmu komunikasi teori dan praktek. Cetakan kesembilan belas. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Fajriah, Leni. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran (Promosi) Dinas Perhubungan, Pariwisata, dan Kebudayaan Kota Lhokseumawe Dalam Menyebarluaskan Informasi Wisata Tahun 2014-2015. Skripsi. Universitas Malikussaleh Aceh Utara.

Hakim, Luchman. Wilopo, dan Khotimah Husnul. (2017). Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Budaya ( Studi Kasus Pada Kawasan Situs Trowulan Sebagai Pariwisata Budaya Unggulan di Kabupaten Mojekerto). Universitas Brawijaya Malang.

Khatijah, Arfianti Siti. (2017). Aktivitas Public Relations Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisata Dan Pendidikan Di Museum H. M. Soeharto. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kotler, P. (1997). Prinsip –prinsip Pemasaran. Edisi . Jilid 1. Jakarta : Erlangga Kotler & Keller. (2012). MarketingManagemet. Edisi 14. Global Edition. Neuw Jersey. Pearson Education.

Mahendra, Bimo. (2017). Eksistensi Sosial Remaja Dalam Instagram (Sebuah Perpektif Komunikasi). Jurnal.

Misdriyana, Muthia. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Makassar Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Mancanegara Di Kota Makasaar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Mukarom, Zainal dan Laksana, Muhibudin Wijaya. (2015). Manajemen Public Relation panduan efektif pengelolaan hubungan masyarakat Bandung : Pustaka Seti.

Moleong, Lexy. (2017). Metode Pnelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosada Karya.

Morissan. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Penerbit. Kencana

Nurjannah, dkk. (2017). Model Perencanaan Komunikasi Program Corparatesocial responsibility (CSR) PT. Chevron Pacific Indnesia. Jurnal. Universitas Riau.

Pendit, (2006) Ilmu Pariwisata “(Sebuah Pengantar Perdana”, Jakarta: Gramedia.

Pitana, Gde I & Gayatri, G. Putu (2005). Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.

Putra, Laksana Effid. (2015). Aktivitas Public Relations Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisata, Pendidikan Dan Budaya Di Museum Benteng Vredeburg Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rachman, Rio. (2018). Kegiatan Promosi Desa Wisata Banyubiru Dalam Menarik Minat Wisatawan. Skripsi. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Rachman, Siam Riezky. (2018). Peran Humas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Tanggerang Dalam Mempromosikan Wisata Situ Cipondoh Di Era New Media (Studi Kasus Pengelolaan Website, Instragram Dan Tanggerang TV). Skripsi. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Revida, Erika dkk. (2020). Pengantar Pariwisata. Yayasan Kita Menulis. Rencana Pembangunan Jangka Panjang Menengah Gampong Ie Rhob Tahun 2018-2024.

Rusdianto, Even Ahmad. (2014). Analisis Strategi Promosi Pada Taman Pintar Di Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Ruslan, Rosady. (2005). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.

Saebani, Beni Ahmad. (2008). Metode Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia. Somad, Rismi dan Priansa, Juni, Donni. (2014). Manajemen Komunikasi Mengembangkan Bisinis Beriorientasi Pelanggan. Bandung: Alfabeta.

Subroto, Budiarto. (2011). Pemasaran Industri (Business Tobusiness Marketing). Yogyakarta: Andi.

Suganda, Delfi. (2018). Fungsi Strategi Tuha Peut Dalam Melakukan Pengawasan Dan Pencegahan Korupsi Dana Gampong. jurnal. UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

Sukmadi, (2016). Inovasi Dan Kewirausahaan Edisi Paradigma Baru Kewirausahaan. Bandung.

Tjiptono, Fandy (2008). Strategi Pemasaran. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi. Tripa, Sulaiman. (2019). Rekontruksi Pemerintahan Gampong. Banda Aceh: Bandar Publishing.

Wolah, Ferni fera Ch. (2016). Peranan Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawaan Di Kabupaten Poso. Jurnal.

Yandiaznuri dkk. (2018) Efektivitas Promosi Melalui Instragram Pada Umkm Sektor Makanan Dan Minuman Di Kota Pekan Baru. Jurnal. Universitas Lancang Kuning




DOI: https://doi.org/10.29103/jj.v11i1.6638

Article Metrics

 Abstract Views : 362 times
 PDF Downloaded : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Jurnalisme

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Redaksi Jurnal Jurnalisme(JJ): Gedung Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jurnalisme@unimal.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Jurnalisme is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License