DATING ONLINE: POLA KOMUNIKASI PADA PENGGUNA APLIKASI TINDER

Muhammad Ramadhan Nasution, Subhani Subhani, Awaludin Arifin

Abstract


Tinder menjadi salah satu aplikasi yang cukup diminati oleh masyarakat sebagai sarana komunikasi antar pribadi yang termediasi melalui platform digital tidak terkecuali bagi pemuda di Aceh. Penggunaan aplikasi ini memperlihatkan pada satu pola yang sama, yaitu sebagai sarana komunikasi antar individu akan tetapi orientasi penggunanya lebih terjurus pada upaya untuk saling mengenal terhadap lawan jenis. Ketika pasangan lawan jenis memiliki ketertarikan terhadap mitra komunikasinya ia akan meneruskan pada tahapan perbincangan dan merencakana untuk saling bertemu dalam dunia nyata, sebaliknya komunikasi sering sekali terputus pada kesan pertama, yaitu pada peforma yang diproduksi ke dalam aplikasi baik pada deksripsi diri, tampilan visual individu dan hal yang tampak lainnya. Keberhasilan komunikasi dalam ruang virtual juga tidak serta merta mempertmukan mereka dalam dunia nyata, menurut informan dibutuhkan kesiapan mental yang memadai untuk saling bertemu dalam ruang nyata, hal ini disebabkan perbedaan interaksi yang terjadi antara dua realita tersebut.


Keywords


dating online, pola komunikasi, dan tinder

References


Arnus, Hadijah, Sri. 2015, “Computer Mediated Communication (CMC), Pola Baru Berkomunikasi”, Volume 8 No 2 : 277-280.

Astuti, Dwi, Yanti. 2015, “Dari Simulasi Realitas Sosial Hingga Hiper-Realitas Visual:Tinjauan Komunikasi Virtual Melalui Sosial Media Di Cyberspace”. Jurnal Komunikasi Profetik, Voumel 8 No 2 : 16-17

Farras, Muhammad, dkk. 2016. “Interaksi Antara Players Game Online Dota 2”. Jurnal E-Proceeding of management, Volume 3 No 3 : 1-4.

Fathurrohman, Rifal, dkk. 2017. “Pengaruh Komunikasi Virtual Terhadap Komunikasi Interpersonal Dikalangan Game Online di Aranet Plumbon”. Jurnal Signal Unswagati Cirebon, Volume 5 No 1 : 3.

Hidayat, Kusuma fuad,dkk. 2016. “Pola Interaksi Dan Perilaku Pertukaran Kelompok Nelayan TPI Udang Jaya Desa Keburuhan Kecamatan Ngombol,Purworejo”. Jurnal Analisa Sosiologi, Volume 5 No 1 : 57.

Ikhsan, M. 2020. “Mengenal Aplikasi Tinder Terkait Kasus Mutilasi Kalibata”. (http://www.cnnindonesia.com). Diakses tanggal 18 September 2020.

Kriyantono, Rachmat.2017. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Nugroho, Imam. 2015. “Pola Interaksi Dan Pluralisme Dalam Kehidupan Biarawati Susteran Fransiskanes St Elisabeth (FSE) Dengan Masyarakat Santren Karangasem Caturtunggal”. Jurnal Sosiologi, Volume 4 No 2:4-6

Rahmat, Melita, Alyssa, dkk. 2021.”Penggunaan Reduksi Ketidakpastian Ketika Memulai Hubungan Dalam Aplikasi Online Dating Di Indonesia”. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 4 No 1 : 35.

Rahmat, Pupu Saeful. 2009. “Penelitian Kualitatif”. Jurnal EQUILIBRUM, Volume 5 No 9 : 7.

Ridwan, DR.H.Aang.2016. Komunikasi Antar Budaya Mengubah Persepsi Dan Sikap Dalam meningkatkan Kreativitas Manusia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tegar, Amrin. 2015. “Pola Komunikasi Dalam Proses Interaksi Sosial Di Pondok Pesantren Nurul Islam Samarinda”. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 3 No 3 : 494-497.

Wijaya, Helaludin Hengki.2019. Analisis Data Kualitatif Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

“Pelaku Korban Mutilasi Kalibata City Berkenalan Lewat Aplikasi Tinder”. (http://www.cnnindonesia..com). DIakses tanggal 17 September 2020.




DOI: https://doi.org/10.29103/jj.v11i1.6637

Article Metrics

 Abstract Views : 1810 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Jurnalisme

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Redaksi Jurnal Jurnalisme(JJ): Gedung Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jurnalisme@unimal.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Jurnalisme is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License