RELATIONSHIP MANAGEMENT STAF HUMAS PABRIK GULA KWALA MADU (PGKM) PT. PERKEBUNAN NUSANTARA II

Ade Muana Husniaty, Mardhiah Ainol, Kamaruddin Kamaruddin, Nensi Anggreni Br Ginting

Abstract


Penelitian ini berjudul Relationship Management Staf Humas Pabrik Gula Kwala Madu (PGKM) PT. Perkebunan Nusantara II. Penelitian ini berfokus pada Relationship Management staf Humas Pabrik Gula Kwala Madu kepada karyawan tetap dan karyawan PKWT dan hambatan pada humas Pabrik Gula Kwala Madu dari masyarakat yang beragam macam dan sifat yang berbeda-beda. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana Relationship Management staf humas Pabrik Gula Kwala Madu (PGKM) PT. Perkebunan Nusantara II. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dipilih penelitian deskriptif kualitatif (Descriptif Qualitative). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, dekomentasi, dan wawancara mendalam dengan sejumlah informan. Peran humas di PGKM dalam menjalankan tugasnya sudah sesuai dengan SOP yang ditentukan oleh perusahaan dan seluruh keluhan karyawan juga di respon dengan baik begitu pun dengan komunikasi internal yang mereka terapkan sudah sesuai dengan peran humas pada umumnya, meskipun humas yang ada di PGKM ditempatkan di departemen yang sama dengan SDM/ HRD (Human Recources Development). Begitu juga dengan hambatan yang terjadi dari masyarakat yang beragam dan sifat yang berbeda-beda semua ditanggapi dengan tenang sehingga tidak pernah terjadi keributan antara staf humas dengan karyawan atau masyarakat.

Keywords


Relationship Management, Humas, Pabrik Gula Kwala Madu

Full Text:

PDF

References


Barnes. (2003). Secrets Of Costumer Relationship Management. Yogyakarta : Penerbit ANDI

Bungin. (2009). Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Effendi, Onong Uchjana.(2011) Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Idrus. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta : PT. Gelora Akasara Pratama.

Kriyantono, Rachmat, (2014). Teori Public Relations Perspektif Barat dan Lokal, Jakarta: Kencana.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya: Bandung

Narbuko dan Achmadi.(2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nurrudin. (2016). Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada Nurtjahjani. (2018). Public Relations Citra & Praktek, Malang : Polinema Press

Nova. (2017). Crisis Public Relations, Depok : PT Rajagrafindo Persada

Onong. (2006). Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Radita. (2019). Riset Kualitatif Public Relations, Surabaya : CV Jakad Publishing

Ruslan, Rosadi. (2010). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perada

------------, (2005). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perada

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Sutopo. (2002). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Ishak Aswat. (2012). Peran Public Relations dalam komunikasi organisasi. Jurnal komunikasi, Volume I, No.4, 374,379. Dosen Ilmu Komunikasi UMY

Agustya dan Bambang. (2018). Pengaruh Karakteristik Individu dan Lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan (Studi pada karyawan PT. Tigaraksa Satria Tbk cabang Malang), Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 61 No.3, 110-111. Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang.

Galih dan Aziz. (2017). Analisis Pengaruh Human Relations dan kondisi fisik lingkungan kerja dan kinerja karyawan PT. Karunia Adijya Mandiri Semarang. Page 2 of 9. Dosen dan Mahasiswa Universitas Pandanaran.

Husain. (2015). Hambatan Kegiatan Humas baik internasional, pemerintah, industri, dan bisnis, (http://andhinyhusain.blogspot.com/2015/06/hamba tan-kegiatan-humas-baik.html?m=1), diakses, 25/11/2020

Wikipedia. (2017) Teori Diaklektika Relasional (https://id.wikipedia.org/wiki/Teo ri_dialektika_relasional), diakses 27/11/2020




DOI: https://doi.org/10.29103/jj.v10i1.4890

Article Metrics

 Abstract Views : 210 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Jurnalisme

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Redaksi Jurnal Jurnalisme(JJ): Gedung Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jurnalisme@unimal.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Jurnalisme is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License