STRATEGI KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK-ANAK CACAT

Subhan AB, Viana Safrida Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui strategi komunikasi antar pribadi guru dalam perkembangan kepribadian anak-anak cacat. Untuk mengetahui kendala komunikasi antar pribadi guru dalam perkembangan kepribadian anak-anak cacat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan latar alamiah, dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metode yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi guru komunikasi antar pribadi guru dalam perkembangan kepribadian anak-anak cacat yaitu dalam proses belajar mengajar antara guru dengan siswa berbentuk komunikasi sehari-hari. Dalam hal ini komunikasi memiliki peranan yang sangat penting terutama dalam perkembangan kepribadian siswa. Bentuk komunikasi yang efektif digunakan dalam kegiatan belajar mengajar adalah bentuk komunikasi antarpersonal. Karena dalam proses tersebut dapat menghasilkan (timbal balik) yang dimana dapat mengetahui apakah komunikasi dapat diterima dengan baik atau tidak. Selain itu kedua proses tersebut dapat memaksimalkan penyampaian informasi dari guru kepada siswanya. Agar informasi yang diberikan oleh guru dapat diterima dan dicerna dengan baik oleh siswanya. Dengan demikian Guru telah memberikan upaya yang baik melalui menggunakan jenis komunikasi. Pendekatan ini telah berhasil dilakukan namun belum mencapai hasil secara maksimal. Kemudian faktor yang mendukung dan menghambat  komunikasi antar pribadi guru dalam perkembangan kepribadian anak-anak cacat. Faktor yang mendukung komunikasi guru terhadap siswa dalam perkembangan kepribadian siswa adalah adanya respon yang baik dalam proses pembelajaran di dalam kelas maupun ketika latihan di dalam kelas. Ketika terdapat respon dari siswa maka komunikasi antara guru dengan siswa dapat terlaksana sebagaimana yang diharapkan. Adapun faktor penghambat adalah ada beberapa siswa yang senantiasa melakukan kenakalan didalam kelas sehingga menggangu proses komunikasi yang terlaksana sebagaimana harapan

Keywords


Strategi Komunikasi Antar Pribadi,Guru, Anak,Cacat.

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad (2006), Kamus Bahasa Indonesia Moderen, Pustaka Amani, Jakarta

Ahmad Fauzi (2004), Psikolog umum, Bandung, Pustaka Setia

A. King Laura (2010), Psikologi Umum ( Sebuah Pandangan Apresiatif), Jakarta : Salemba Humanika

Ayunin Ciplukz (2012), Kisah Klasik Penyandang Disabilitas Buku I, Penitique Publisher, Jakarta

Azwar, Rasiddin (2001), Metode Penelitian, Renika Cipta, Jakarta

Efendi, Onong Uchjana (2006), Hubungan Masyarakat, Remaja Rosdakarya Bandung

Joseph A. DeVito, Komunikasi Antarmanusia (Edisi 5), Penerbit: Karisma Publishing, Jakarata

Hartono, Jogianto (2013), Sistem Teknologi Informasi Bisnis, Remaja Selemba Empat, Jakarta

Hikmat, Mahi Mulyana (2010)., Komunikasi Poltik Teori dan Praktik, Remaja Rosdakarya, Bandung

Nani Triani (2010), Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Lamban Belajar (Slow Learner), Garis Buku, Jakarta

Kartini, kartono (2001), Psikologi Perkembangan, Jakarta: Renika Cipta.

Nurjaman, Kadar (2012), Komunikasi Public Relation Panduan untuk Mahasiswa, Birokrat, dan Praktisi Bisnis, Pustaka Setia, Bandung

Murip Yahya (2013), Profesi Tenaga Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung

Moleong, Lexy J.,(2007) Metode Penelitian kualitatif Cet. IV, Remaja Rosdakarya, Bandung

Rosady, Ruslan (2004), Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsep dan Aplikasi, Raja Grapindo Persada, Jakarta

Hamzah B., M.Pd. (2008), Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta, Bumi Aksara.

Widjaja, H.A.W (2010), Komunikasi & Hubungan Masyarakat, Bumi Aksara, Jakarta

Wasty Soemanto (2004), Penganrtar Psikologi, Jakarta, Bina Aksara.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Pasal 1 ayat (1)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen




DOI: https://doi.org/10.29103/jj.v9i1.3102

Article Metrics

 Abstract Views : 80 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Jurnalisme

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Redaksi Jurnal Jurnalisme(JJ): Gedung Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jurnalisme@unimal.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Jurnalisme is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License