QUALITY ASSURANCE DAN KOMUNIKASI PUBLIK PENANGANAN KESEHATAN PENYAKIT HIV AIDS DI KABUPATEN ACEH UTARA

Cut Suknawati, Boby Rahman, Murniati Murniati, Hidayatul Fitri

Abstract


Pelayanan dasar adalah pelayanan publik untuk memenuhi keperluan dasar warga negara.  Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 100 Tahun 2018 menyebutkan bahwa pelayanan dasar itu terdiri dari pelayanan bidang  pendidikan. kesehatan. pekerjaan umum dan penataan ruang. perumahan rakyat dan daerah permukiman. ketentraman. ketertiban umum dan perlindungan masyarakat serta sosial. Kesehatan menjadi fokus utama dalam penelitian ini. karena banyaknya kasus yang berhubungan dengan kesehatan belum dilayani baik oleh Pemerintah daerah Aceh Utara. khususnya kasus HIV AIDS. Adanya kasus penderita HIV AIDS 103 orang menjadi preseden buruk yang menodai sistem pelayanan publik di Kabupaten Aceh Utara. Perlakuan yang diskriminatif yang terjadi kepada penderita HIV AIDS. Sosialisasi yang tidak meyeluruh memperburuk persepsi masyarakat terhadap penyakit ini terutama bagi penderita HIV AIDS atau sering disebut dengan dengan orang dengan HIV AIDS (ODHA). Jika isu ini tidak dikendalikan serius. maka dihawatirkan akan menimbulkan efek-efek negatif seperti pelayanan yang terus menerus lambat, tenaga kesehtaan yang tidak profesional. dan ongkos kesehatan yang mahal. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Aceh Utara, menggunakan pendekatan kualitatif, melalui wawancara mendalam, FGD, observasi dan telaah dokumen. Penelitian ini memperlihatkan bahwa mereka yang terindikasi penyakit ini menjadi kelompok dalam masyarakat. Mereka akan dikucilkan karena dianggap membawa penyakit yang dapat ditularkan kepada masyarakat lainnya. Semestinya masyarakat berkontribusi untuk memulihkan mereka, namun yang terjadi sebaliknya. Masyarakat yang apatis dan sinis menimbulkan persoalan psikologis bagi penderita. Karenanya pemulihan masyarakat yang menderita penyakit ini mesti melibatkan tokoh masyarakat juga tokoh agama sebagai wujud dukungan psikologis kepada mereka.


Keywords


Quality Assurance, HIV Aids , standar pelayanan minimal

Full Text:

PDF

References


Airasian. Peter W & Gay. L.R. (2003). Educational Research: Competences for Analysis and Applications. 7th Edition. Pearson.

Azwar. Azrul. (2006). Program Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan (Aplikasi Prinsip Lingkaran Pemecahan Masalah). Yayasan Penerbitan Ikatan Dokter Indonesia.

Ennis. Kay Dwney & Harrington. Dennis. (2005). Organisational Effectiveness in Irish Helath Care Organizations. Managing Service Quality. Int 10. 377-386

Fogel. R.W. (1986). Nutrition and The Decline in Mortality since 1700; Some Futher Preliminary Findings. Long Term Factors in American Economic Growth

Hary. Tjitono. (2000). Kualitas Pelayanan Konsumen. Jakarta. Grapindo Persada

Junaidi. P. (2001). Seminar Survai Kepuasan Pasien Di RS Secara Menyeluruh. Yogyakarta. UGM

KickBush. Iloni. (2008). Health Literacy: an Essential Skill For The Twenty First Century.. Health Education. Vol 108 (02)

Marc. Suhrcke. Mc.Kee. Martin & Rocco. Lorenzo. (2007). Health Investment Benefits Economic Development. WHO European Office for Investment for Health and Development. Vol. 370

Maziak. Asfar. Mzayek. Fouad & Nael. (2002). Socio-Demographic Correlates of Psychiatric Mordibity Among low Income Women in Aleppo. Syiria. Social Science & Medicine. 54. 1419-1427

Mc Millan. James H. & Schumacher. Sally. (2006). Research Education: Evidence Based Inquiry. 6th Edition. Pearson

Moleong. Lexi J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Rosdakarya

Morse. Stephen. (2003). For Better or For Worse. Till The Human Development Index Do Us Part?. Ecological Economics 45. 281-296

Patton. Michael Quinn. 1987. How to Use Qualitative Methods Evaluation. Sage publications. California.

Peraturan Menteri Dalam Nergeri Republik Indonesia Nomor 100 Tahun 2018 Tentang Standar Pelayanan Minimal

Plano-Clark. Vicki L. & Creswell. John W. (2010). Designing and Conducting Mixed Methods Research. SAGE Publication

Pohan. Imbalo. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan; Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta. Buku Kedokteran

Sanusi. Yakeen. (2008). Application of Development Index to Measurement of Deprivation Among Urban Household in Minna. Nigeria. Habitat International.

Silva. Indunil. (2008). Micro Level Determinants of Poverty Reduction in Sri Lanka. A Multivariate Approach. International Journal of Social Economics. Vol. 35 (3). 140-158

Sirait. Paul. (2009). Pengaruh Layanan Kesehatan Bagi Penduduk Miskin Terhadap Pembangunan Manusia Dalam Pengembangan Wilayah di Kota Medan. Disertasi Universitas Sumatera Utara.

Sirojuzilam .(2015). Pembangunan Ekonomi Regional. Medan. USU Press

Smith. Judith.. & Mays. Nicholas. (2007). Primary Care Organization in New Zealand and English: Typing The Balance of The Health Sistem In Favour of Primary Care?. International Journal of Health Planning and Management. Int J Health Plann Mgmt 2007. 22. 3-19

Soobader & Le Clere. (1999). Aggregation and Measurement of Income Inequality: Effect on Mordibity. Social Science & Medicine 48. 733-744

Tjiptoherijanto & Budi. (1994). Ekonomi Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1999 Tentang Perimbangan Keuangan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2001 Tentang Otonomi Khusus Aceh

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Aceh

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah

Zikri Bin Muhammad. (2012). Tahap Kecekapan Penyampaian Pelayanan Oleh Pihak Berkuasa Daerah di Malaysia: Kasus Majlis Perbandaran Kajang. Tesis Doktor Falsafah. Universiti Kebangsaan Malaysia




DOI: https://doi.org/10.29103/jj.v9i1.3101

Article Metrics

 Abstract Views : 274 times
 PDF Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Jurnalisme

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Redaksi Jurnal Jurnalisme(JJ): Gedung Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jurnalisme@unimal.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Jurnalisme is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License