Pengaruh Komunikasi Interpersonal Customer Service PT Telkom terhadap Kepuasan Pelanggan Wifi.Id di Kota Padang

Deddy Satria, Siti Aisyah

Abstract


Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dalam penelitian pengaruh komunikasi interpersonal customer service PT Telkom terhadap kepuasan pelanggan wifi.id di kota Padang  dengan batasan masalah kepuasan pelanggan wifi.id, keluhan pelanggan wifi.id dan komunikasi interpersonal customer service PT Telkom dengan 97 sampel dari 3722 populasi pelanggan wifi.id di kota Padang dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2017.Strategi komunikasi interpersonal yang dilakukan customer service PT Telkom Padang juga memiliki nilai sangat baik, karena hasil dari angket/kuesioner dari pelanggan juga dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa informasi-informasi dari customer service PT Telkom Padang memiliki nilai yang tinggi. Hal ini juga bisa dilihat dari hasil perhitungan r dapat diketahui nilai r = 0,458 dengan t hitung sebesar 5,0215637305  sedangkan nilai t tabel sebesar 1,661052. Dapat diartikan bahwa hipotesis di terima dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (5,0215637305 ≥ 1,661052). Berdasarkan hasil analisa data yang telah dilakukan penulis dalam penelitian bahwa ada pengaruh komunikasi interpersonal customer service PT Telkom terhadap kepuasan pelanggan wifi.id di kota Padang, dan dapat ditarik kesimpulan bahwa komunikasi interpersonal customer service dengan pelanggan sangat baik yaitu dengan jumlah pelanggan yang hampir setiap tahunnya semakin bertambah, pelayanan dan komunikasi interpersonal customer service terhadap pelanggan wifi.id juga jelas dan menggunakan bahsasa yang mudah dipahami oleh pelanggan wifi.id

Keywords


komunikasi internasional, costumer service, kepuasan pelanggan

Full Text:

PDF

References


Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Effendy, Onong Uchjana. (2011). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya

Kasmir. (2005). Etika Customer Service. Jakarta: PT RajaGrafindo

Kotler, Philip (2007). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Grop

Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat

Nasution, M.N. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: PT Ghalia Indonesia

Rakhmat, Jalaluddin. (2002). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rakhmat, Jalaluddin. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rohim, Saiful. (2016). Teori Komunikasi Perspektif, Ragam, dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Citra

Sugiyono. (2009). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suranto. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu

Tjiptono, Fandy. (2003). Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset

Umar, Husein. (2005). Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.29103/jj.v7i2.2935

Article Metrics

 Abstract Views : 719 times
 PDF Downloaded : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Jurnalisme

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Redaksi Jurnal Jurnalisme(JJ): Gedung Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jurnalisme@unimal.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Jurnalisme is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License