Efektivitas Penyuluhan Internal Perilaku Bermedia Sosial bagi Remaja Islam di Kota Medan

Roydi Nefri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menstimuli remaja Islam di Kota Medan dalam membangun rasa solidaritas dari individu-individu, menjadi kelompok-kelompok yang menyadari arti pentingnya pemahaman literasi media, kredibilitas penyuluh dan motivasi internal dalam perilaku bermedia sosial. Manfaat tulisan ini dalam rangka membangkitkan respons positif tentang keberadaan media sosial sebagai ruang publik berdasarkan tujuan literasi media, kredibilitas penyuluh dan motivasi internal yang akan menjadi tenaga penyuluh secara pribadi dalam menangkal akses negatif dan mampu memberikan suluh kepada orang lain disekitarnya dalam bermedia sosial. Dalam penelitian ini model dan teknik analisa data menggunakan paradigma konstruktivisme melalui jenis penelitian deskriptif kualitatif pendekatan deskriptif kualitatif.


Keywords


Literasi Media, Kredibilitas Penyuluh, Motivasi Internal

Full Text:

PDF

References


Ayun, Primada Qurratun. (2015). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. Jurnal: diakses pada Vol. 3, No. 2, Otober 2015, hal. 1-16.

Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Sosial & Ekonomi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Creswell, Jhon W. Penerjemah Ahmad Fawaid. (2013). Research Desaign: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Handoko, T. Hani. (1995). Manajemen: Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Ilham Prisgunanto. (2015). Pengaruh Sosial Media Terhadap Tingkat Kepercayaan bergaul siswa. Jurnal: diakses pada Vol. 19, No.2, Agustus 2015, hal. 101-112.

Iskandar. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif: Aplikasi Untuk Penelitian Pendidikan, Hukum, Ekonomi & Manajemen, Sosial, Humaniora, politik, Agama dan Filsafat. Jakarta: Gaung Persada.

Levis, Leta Rafael. (1996). Komunikasi Penyuluhan Pedesaan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2010). Komunikasi Politik Politik Komunikasi: Membedah Visi dan Gaya Komunikasi Praktisi Politik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mutiarsih, Enik. Atmojo, Agus Sekti Susilo. (2007). Memahami Psikologi Remaja. Yogyakarta: Pustaka Nusatama.

Nafiā€™ah, Alfiyana Khoiratun. (2015). Pengaruh Penggunaan Jejaring Sosial Facebook Terhadap Perilaku SiswaKelas VIII Kepada Guru Di SMP Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta .Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Rangga Aditya. (2015). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Fotografi pada komunitas Fotografi Pekanbaru. Jurnal: diakses pada Oktober 2015.

Sardiman, A.M. (2009). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Bagong, dan Sutinah. (2006). Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Prenada Media Grup.

Syam, Nina W. (2013). Model-Model Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media




DOI: https://doi.org/10.29103/jj.v7i2.2934

Article Metrics

 Abstract Views : 236 times
 PDF Downloaded : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Jurnalisme

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Redaksi Jurnal Jurnalisme(JJ): Gedung Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jurnalisme@unimal.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Jurnalisme is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License