Iklim Komunikasi Organisasi di Kantor Imigrasi Kelas II Lhokseumawe

Muhammad Yahya, Widya Yulibar

Abstract


Penelitian ini menfokuskan pada Iklim Komunikasi Organisasi yang berlangsung antara atasan yaitu kepala urusan Wasdakim dengan bawahan atau pegawai dibidang kerja yang berhubungan langsung dengan pembuatan paspor mulai  dari pengambilan foto, wawancara dan penyerahan di loket pelayanan, komunikasi yang berlangsung antara bawahan dengan atasan dan juga komunikasi horizontal di Kantor Imigrasi  Kelas II Lhokseumawe. Iklim adalah suatu keadaan atau suasana yang dapat mempengaruhi perubahan sikap dan sifat dari individu maupun kelompok dalam suatu wilayah tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui iklim komunikasi organisasi yang berlangsung di kantor Imigrasi Kelas II Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan teori sistem.  Untuk memperoleh data dan informasi yang akurat maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mereduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa Iklim komunikasi berjalan kondusif secara keseluruhan. Hasil penelitian selanjutnya juga menggambarkan bahwa atasan jarang memberi pengarahan langsung kepada bawahan karena menurut atasan bawahan sudah mengerti dengan setiap tugas yang dikerjakan. bawahan tidak sepenuhnya terbuka, bawahan selalu menunggu atasan yang bertanya dulu baru menyampaikan keluhannya, komunikasi yang berlangsung juga jarang terjadi disebabkan karena atasan yang sibuk dengan pekerjaannya

Keywords


Iklim Komunikasi; Komunikasi Organisasi; Kantor Imigrasi Lhokseumawe

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif, Jakarta : Prenada Media Group

Cangara, Hafied, 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta : PT Rajagrafindo Persada

Fajar, Marhaeni.2009.Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Jakarta : Graha Ilmu

Fisher, B.Aubrey.1978. Teori - teori Komunikasi,Bandung : CV Remadja Karya

Harun, Rochajat. 2008. Komunikasi Organisasi, Bandung : Mandar Maju

Morissan.2009. Teori Komunikasi Organisasi, Jakarta : Ghalia Indonesia

Muhammad, Arni. 2007. Komunikasi Organisasi, Jakarta : PT Bumi Aksara

Mulyana, Deddy.2010.Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Ramaja Rosdakarya.

Pace, R.Wayne & Don F. Faules (2002). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Riswandi.2009. Ilmu Komunikasi,Yogyakarta : Graha Ilmu

Soetopo, Hendyat. 2010. Perilaku Organisasi, Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Tangkilisan, Hessel Nogi,S.2005.Manajemen Publik.Jakarta : PT.Grasindo

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Nur Fadilah(2014). Iklim Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Perusahaan Manado Post.Jurnal Volume III. No.2.




DOI: https://doi.org/10.29103/jj.v7i1.2923

Article Metrics

 Abstract Views : 386 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Jurnalisme

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Redaksi Jurnal Jurnalisme(JJ): Gedung Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jurnalisme@unimal.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Jurnalisme is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License