Literasi Media Internet pada Perempuan: Kajian Pemanfaatan dan Pengetahuan Media Sosial di Kalangan Perempuan Organisasi Aisyah Sumatera Utara

Mazdalifah Mazdalifah, Yovita Sabarina

Abstract


Perkembangan media internet membawa dampak bagi masyarakat khususnya perempuan, terutama menyangkut kelimpahan informasi yang membawa konsekuensi bagi masyarakatkhususnya perempuan. Konsekuensi ini berkaitan dengan penggunaan yang kurang bijaksana. Studi ini bertujuan untukmengetahui pola pemanfaatan dan penggunaan internet khususnya media sosial di kalangan perempuan komunitas Aisyiyah di Medan, Pematang Siantar dan Sibolga. Penelitian ini menggunakan disain kualitatif dengan metode wawancara mendalam dan FGD (focus group discussion). Hasil penelitian menunjukkan media sosial yang paling banyak dimanfaatkan adalah Facebook dan whatsapp. Pengurus/anggota yang berusia muda ( 20 – 40 tahun) lebih banyak serta lebh sering memanfaatkan internet dan media sosial daripada pengurus/anggota yang berusia tua (50–60 tahun).Pengetahuan tentang internet khususnya media sosial cukup baik, baik di kalangan pengurus/anggota yang berusia muda maupun pengurus/anggota yang berusia lebih tua. Artinya mereka mengetahui bahwa internet khususnya media sosial mempunyai pengaruh baik dan pengaruh buruk pada diri sesorang. Diperlukan adanya pemberdayaan Literasi media internet yang tepat untuk komunitas perempuan Aisyiyah Muhammadiyah dengan melakukan diskusi dan pelatihan.


Keywords


Literasi media; Internet; Perempuan

Full Text:

PDF

References


Biagi, Shirley. (2010). Media/Impact Pengantar Media Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Hastuti Nur Rochimah, Tri.,& Junaedi, Fajar. (2013). Media Parenting: Panduan Memilih Media Bagi Anak di Era Informasi. Yogyakarta: Buku Litera.

Media Bagi Anak di Era Informasi. Yogyakarta: Buku Litera.

Subandi Ibrahim, Idi.,& Ali Ahmad, Bachruddin. (2014). Komunikasi dan Komodifikasi Mengkaji Media dan Budaya dalam Dinamika Globalisasi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mengkaji Media dan Budaya dalam Dinamika Globalisasi. Jakarta: Yayasan Pustaka.

Tamburaka, Apriadi. (2013). Literasi Media Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tim Kajian YPMA. (2011). Memahami Interaksi Remaja dengan Internet. Jakarta: Yayasan Pengembangan Media Anak.

Tim Peneliti PKMBP. (2013). Model-Model Gerakan Literasi Media dan Pemantauan Media di Indonesia. Yogyakarta: PKMB dan Yayasan TIFA.

Yolanda, Eninta. (2015). Peran Facebook dan Instagram Komunitas Backpacker Medan dalam Mendukung Pariwisata di Sumatera Utara, Medan: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. (Tesis)

Harian Kompas, Panas Dingin Pokemon, 23 Juli 2016.

http://kominfo.go.id/berita_satker, Pengguna internet di Indonesia capai 82 Jut




DOI: https://doi.org/10.29103/jj.v7i1.2920

Article Metrics

 Abstract Views : 292 times
 PDF Downloaded : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Jurnalisme

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Redaksi Jurnal Jurnalisme(JJ): Gedung Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: jurnalisme@unimal.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Jurnalisme is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License